Daniel Banjarnahor, SH, MH Bersama Guru Dan Siswa/Siswi Salah Satu Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Rawang Panca Arga, Kabupaten Asahan Di PSBD Ke-V, Senin (24/07/2023)

Daniel Banjarnahor, SH, MH, Harap Regenerasi Penerus Mewarisi Budaya Dan Adat Istiadat Batak Toba

Suaralira.com, Asahan (Sumut) -- Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Ke - V Kabupaten Asahan yang digelar di jalan Taufan Gama Simatupang, Kelurahan Sei-Renggas, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.
 
Saat dikonfirmasi oleh awak media Ketua Etnis Batak Toba Daniel Banjarnahor, SH, MH menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, Forkopimda Kabupaten Asahan, dan seluruh lapisan-lapisan masyarakat Kabupaten Asahan yang telah berpartisipasi dalam terlaksananya PSBD Ke-V tahun 2023, Senin (24/07/2023).
 
Ketua Etnis Batak Toba Daniel Banjarnahor, SH, MH mengatakan PSBD Ke-V tahun 2023 dilaksanakan untuk mengenalkan Budaya dan adat istiadat, kepada regenerasi penerus bangsa khususnya kepada etnis Batak Toba yang berada di wilayah Kabupaten Asahan.
 
Lanjut Daniel Banjarnahor, SH, MH mengatakan Budaya dan adat istiadat Batak Toba yang diperkenalkan pada PSBD Ke-V bulan Juli Tahun 2023 yakni 1. Tarian khas Batak Toba / Tor-Tor, 2. Baju Khas Batak Toba 3. Senjata khas Batak Toba / Si Raja Batak, 4. Alat Musik khas Batak Toba / Gondang Sabangunan, 5. Rumah Adat khas Batak Toba, 6. Masakan, Snack khas Batak Toba dibagikan secara gratis, 7. Acara khas Adat etnis Batak Toba, 8. Cara pembuatan Souvenir, menenun Ulos, Pahatan Patung khas Batak Toba yang akan diajarkan oleh tenaga pengrajin yang langsung didatangkan dari Bona Pasogit.
 
Akhir Daniel Banjarnahor, SH, MH berharap agar seluruh lapisan-lapisan masyarakat khususnya Etnis Batak Toba dapat bekerjasama untuk memperkenalkan budaya dan adat istiadat Batak Toba kepada regenerasi penerus suku Batak Toba. Ini merupakan bagian dari cinta tanah air untuk membangun Indonesia yang religius, beretika dan beradab dalam menjaga persatuan dan kesatuan berbangsa dan bertanah air.(IS/SL)