Waspadai Kembali Munculnya Virus PMK, Babinsa Ingatkan Peternak Sapi

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Sertu Togu JN melaksanakan Komsos serta memantau Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi milik bapak Parjianto di Desa Rawa Sekip Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu-Riau. Kamis (05/10/2023).
 
Sertu Togu JN kepada suaralira.com mengatakan "Pendampingan dan pemantauan kesehatan yang kami lakukan, bertujuan untuk mengingatkan kepada peternak serta mengetahui kesehatan hewan ternak itu sendiri, termasuk sebagai langkah dalam pengawasan terhadap hewan ternak khususnya hewan sapi, dari ancaman wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)".
 
Sertu Togu JN memantau langsung ke kandang sapi milik bapak Parjianto, agar bisa memberikan motivasi, semangat dan dukungan serta tidak panik dengan adanya wabah Virus PMK. 
 
Meskipun pada saat ini sudah kecil kemungkinannya, diharapkan para peternak tidak lengah dan tetap waspada terhadap bahaya PMK yang sewaktu-waktu bisa muncul kembali.
 
Untuk menghindari kerugian yang lebih besar pada peternak, Sertu Togu JN memberikan arahan dan saran agar tidak takut melaporkan ke petugas Kesehatan Hewan, jika didapati pada hewan ternak sapi-nya dengan ciri-ciri yang mengarah pada PMK.
 
Inilah bentuk dukungan Babinsa kepada peternak sapi guna meningkatkan hasil produksi daging lokal khususnya di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu.(pr4as/sl)