Dandim 0302/Inhu Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Mantap Barat LK 2023-2024 Pada Pengamanan Pemilu

Suaralira.com, Rengat - Acara Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Mantap Brata Lancang Kuning 2023- 2024 Pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2024 Polres Inhu di Ruang Sanika Satyawada Polres Inhu Jl.Ahmad Yani Kelurahan Skip Hilir Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Senin Tanggal 16 Oktober 2023 sekira Pukul 10.00 Wib. 
 
Bertempat di Ruang Sanika Satyawada Polres Inhu Jl.Ahmad Yani Kel.Skip Hilir Kec.Rengat Kab.Inhu. Telah Dilaksanakan Acara Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Mantap Brata Lancang Kuning 2023- 2024 "Pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2024 Polres Inhu "
 
Kegiatan dihadiri Oleh Letkol Kav. Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos., M.I.P ( Dandim 0302 / Inhu ), AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K, Kapolres Indragiri Hulu Bambang Indrawaman,.S.STP,.MP (Bandan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kab.Inhu mewakili Bupati Inhu) Dedi Risanto S.Ip,M.Si ( Ketua Bawaslu Kab. Inhu ) ,Yeni Mairida SE.MM ( Ketua KPU Kab. Inhu ),Popy Bainurita, SE ( Camat Rengat ), Raja juliasti ( Sekcam Rengat Barat ), Ronius J S.H ( Kasi gakda Satpol PP ), Agustian SE ( Kabit Lalin Dishub Kab. Inhu , Para Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran Polres Inhu.
 
Pada kegiatan tersebut Sambutan dari Kapolres Inhu menyampaikan bahwa Pesta demokrasi yang merupakan tanggung jawad kita bersama agar berjalan dengan lancar dan damai sejalan dengan itu diharapkan saling bertukar Informasi, sering disetiap kegiatan pesta demokrasi ini,"katanya.
 
Mudah-Mudahan pemilu 2024 kita harus menguatkan strategi dalam menangani pengamanan pada pesta demokrasi ini.
 
Dengan Berbeda pilihan itu biasa Itu hanya sebuah sistem yang kita lalui karena setelah pesta demokrasi kita kembali menjadi  rakyat." Terangnya. 
 
Sebagai aparat keamanan harus betul mengamankan di setiap pelaksanaan demokrasi ini dan menjaga gudang gudang kotak suara KPU."tambahnya.
 
Sementara Sambutan dari Dandim 0302/Inhu mengatakan bahwa Antensi dan tanggung jawad kita semua dalam pelaksanaan pengamanan pesta demokrasi Tahun Ini."ujarnya.
 
Selanjutnya Kita harus belajar dari pengalaman sebelumnya tentang Pelaksanaan Pesta demokrasi apa yang menjadi Kekurangan yang sebelumya jangan sampai terulang di pesta demokrasi tahun ini,"pesan Dandim. 
 
Selain itu juga, Sekecil apapun tidak boleh terjadi karena akan tersorot ke seluruh nusantara indonesia,"paparnya.
 
Selanjutnya Kodim siap mendukung dalam pengamanan pesta demokrasi Tahun 2024 agar berjalan aman, tertib dan lancar"tambahnya.
 
Kesbanpol Kab Inhu juga menyampaikan bahwasanya ASN harus nentral dalam Pelaksanaan Pesta demokrasi Tahun ini.
 
Sementara juga Paparan  Oleh Kabag Ops Polres Inhu bahwa didalam pelaksanaan Ops Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 yang berdasarkan  Uu No 2 Thn 2002 Ttg Polri,Perkap No 8 Thn 2021 Ttg Perubahan Atas Perkap No 1 Thn 2019 Ttg Sistem, Manajemen Dan Standar Keberhasilan Opsnal Polri. 3. Str Kapolri No: Str/511/Viii/Ops.1.1.1./2023 Tgl 16 Agustus Ttg Rgb."paparnya.
 
Sementara pelaksanaan Mantap Brata 2023-2024. Str Kapolda Riau No: Str/325/Viii/Ops.1.1.1./2023 Tgl 23 Agustus Ttg Rgb Pelaksanaan Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024.
 
Dengan begitu Polda Riau Menggelar Ops Kepolisian Kewilayahan Dengan Sandi "Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024″ Dalam Rangka Mengamankan Agenda Pemerintahan Pada Penyelenggaraan Pemilu Thn 2024. Pelaksanaan Ops Mantap Brata Lancang Kuning 2023-2024 dan dilaksanakan Selama 222 Hari (74 Hari Di Thn 2023 Dan 148 Hari Di Thn 2024)."tuturnya.
 
Selanjutnya juga membuat Rekapitulasi Pola Pengamanan Tps Pada Pengamanan Pemilu Tahun 2023-2024 kurang Rawan, Rawan, Sangat Rawan / Khusus
 
Itu dapat diartikan bahwa Klasifikasi Tps Pada Pengamanan Pemilu Tahun 2023-2024 Tps Kurang Rawan Yaitu Tps Yang Lokasi Keberadaannya Tidak Ada Potensi Konflik, Kondisi Sitkamtibmas Kurang Rawan Dan Mudah Ditempuh Oleh Petugas Pam Tps. 
 
Dan Tps Rawan Yaitu Tps Yang Lokasi Keberadaannya Berada Pada Lokasi Yang Masuk Pada Kategori Berpotensi Terjadinya Konflik Sosial, Berada Pada Pemukiman Padat Penduduk Dengan Jumlah Pemilih Mendekati Jumlah Pemilih Maksimal Yang Ditentukan Kpu, Komposisi Masyarakat Merupakan Basis Salah Satu Pasion/Calon/ Parpol Dengan Militansi Cukup Tinggi, Adanya Potensi Konflik/Aksi Protes Warga Terhadap Kpps, Posisi Tps Yang Cukup Jauh Dari Lokasi Tps Lainnya. 
 
Selanjutnya dikatakan Tps Sangat Rawan Yaitu Tps Yang Keberadaanya Secara Geografis Sangat Sulit Ditempuh Dan Terpisah Jauh Dari Kelompok Tps Lainnya, Memiliki Sejarah Konflik Yang Menimbulkan Korban Dan Kerugian Harta Benda, Aksi Protes Warga Terhadap Kpps, Berada Di Daerah Konflik Sengketa Batas Wilayah Kabupaten/Kota Dan Provinsi, Kondisi Masyarakat Heterogen Dan Lokasi Tps Berada Pada Basis Pendukung Seluruh Pasion/ Calon/Parpol.
 
Tidak hanya itu untuk Hoaks di Medsos mengingat berita Hoaks Selalu Menjamur Menjelang Peristiwa Politik (Pilpres/Pilkada).
 
Fenomena Ini Menguat Sejak 2016. Di Indonesia, Hoaks Turut Membesar Setiap Jelang Pilkada/Pilpres Dan Kemudian Menurun Jika Tidak Ada Peristiwa Politik (Pilpres/Pilkada)." ucapnya
 
Berdasarkan dari penilitian sebut kaba ops dari hasil penelitian Dari Mit Media Lab Menunjukankan Bahwa Hoaks 70% Cuitan Hoaks Lebih Sering Dicuit Ulang Dari Pada Berita Fakta/Benar,d alam Riset Majalah Science, Maret 2018, Menunjukkan Viral Terbesar Berasal Dari Berita Palsu Tentang Politik. 
 
Bahwa Mereka Yang Memviralkan Menunjukkan Bahwa Mereka Suka Tentang Sesuatu Yang Baru, Sehingga Ingin Mendapatkan Kesan Bahwa Mereka Adalah Orang Yang Memiliki Akses Ke Informasi Orang Dalam.
 
Selanjutnya terkait dengan Klarifikasi TPS dapat disampaikan juga ada Klarifikasi Tps Polres Inhu dengan Total TPS 1.350 ada indikasi TPS  kurang Rawan ada 1.239 TPS,dan Rawan ada 83 TPS dan juga Sangat Rawan : 29 TPS dan Khusus1 TPS
 
Personil Polres Inhu dalam Rangka Rayonisasi dalam melakukan Pengaman pada Rayon 1yakni Polres ,Polsek Rengat Barat dan Polsek Kuala Cenaku dan untuk Rayon 2 yakni Polsek Seberida,Polsek Batang Gansal dan Polsek Batang Cenako selanjutnya untuk Rayon 3 yakni Polsek Pasir Penyu Polsek Lirik dan Polsek LBJ terakhirnya ada di Rayon 4 meliputi Polsek Peranap,Polsek Kelayang."tutup paparnya. 
 
Sementara dari Arahan dari Ketua KPU Kab.Inhu juga mengatakan bahwa Tahap - Tahap Pemilihan Umum Sudah Mulai Berjalan, Kami telah menerima Kotak Suara dan Bilik - bilik suara dan dalam waktu dekat kami akan memberikan titik -titik Rawan TPS." Katanya. 
 
Disampaikan juga bahwa disini permasalahan yakni Ada sengketa di bawaslu/KPU karena ada calon tidak memenuhi syarat sampai sekarang masih berlanjut dan dari Proses Sortir suara bisa kami laksanakan setelah kami menerimanya.
 
Jadwal Kampanye nanti kami akan mengabarkan langsung kepada para calon dari setiap partai yang kemungkinan besar pemilu akan di laksanakan pada bulan september 2024" Debutnya. 
 
Terakhir Ketua Bawaslu Kab.Inhu juga menyampaikan bahwa Kami dari bawaslu sudah mempersiapkan anggota dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini.
 
Walau kami diperiode baru sudah dilantik 2 bulan yang lalu sampai sekarang belum ada tegoran hanya ada satu sengketa calon tidak memenuhi syarat."ucapnya.
 
Perlu juga kami sampaikan bahwa Mulai tanggal 4 November tidak bisa lagi di laporkan karena rawan sudah memasuki masa kampanye dan kami dari Bawaslu meminta dukungan Pengamanan dari Pihak TNI dan Polri dalam pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini."harapnya.(Prasetyo/Sl)