Cegah Wabah, Babinsa Koramil 01/Rengat Kembali Cek Ternak Sapi Warga

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu, Koptu Wiranto kembali melaksanakan pemantauan sekaligus melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak milik warga binaan.
 
Pemantauan ini Babinsa berkunjung kepada salah seorang peternak sapi yang berlokasi di desa Bukit Petaling kecamatan Rengat Barat,Kabupaten Indragiri Hulu.
 
Saat mengunjungi salah satu peternak sapi milik warga, Babinsa juga selalu mengingatkan kepada peternak untuk senantiasa melakukan pemeriksaan terhadap ternaknya masing-masing.
 
Danramil 01/Rengat saat d hubungi oleh suarakira.com juga mengungkapkan kegiatan ini di lakukan sebagai upaya antisipasi serta membantu kesehatan hewan ternak terkait wabah PMK yang saat ini sangat meresahkan masyarakat terutama yang memiliki hewan ternak sapi atau kambing.
 
Menurutnya "dengan Kita turun ke Desa binaan serta melihat secara langsung hewan dan kita dapat memastikan kesehatan hewan ternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit wabah PMK," jelasnya.
 
Selanjutnya Danramil juga merespon juga rutin melakukan himbauan kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus dapat mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.
 
“Kepada warga supaya tidak perlu takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternaknya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku dan kuku terlepas, lepuh di mulut, lapor ke instansi terkait,” ujar Kapten Inf HB Sitepu".(Pr4as/dl)