Pasca Banjir Babinsa Siap Perangi Penyakit Mulut dan Kuku Pada Ternak

Suaralira.com, Rengat - Koramil 01/Rengat dalam meningkatkan kewaspadaan warga peternak Sapi di desa binaan Babinsa untuk melindungi ternaknya dari bahaya penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang banyak menyerang hewan ternak sapi pada beberapa waktu yang lalu.
 
Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu, melaksanakan  pemantauan langsung kepeternak warga di Desa Kuantan Babu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Minggu (28-01-2023). 
 
Babinsa Desa Kuantan Serma Sumarno, melaksanakan blusukan kekandang ternak sapi warga, guna memantau kesehatan ternak dan melakukan edukasi langkah kewaspadaan warga peternak sapi, 
 
Kepada suaralira.com saat dijumpai Serma Sumarno mengatakan bahwa kegiatan pemantauan dengan melakukan blusukan dari kandang ke kandang ternak sapi tersebut, merupakan langkah pemantauan dan memantapkan kewaspadaan warga terhadap bahaya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku.
 
Bahwa ini semua dilakukan dalam rangka melindungi ternak sapi milik warga sehingga tidak terserang Penyakit Mulut dan Kuku dan warga tidak mengalami kerugian
 
Mengingat Kondisi Saat ini Banjir kebersihan kandang dan kecukupan pangan harus  benar-benar di perhatikan serta apabila ada gejala sapi tidak selera makan harus segera memeriksakan ternaknya ke Dokter hewan demi menjaga agar kondisi sapi selalu fit dan Sehat terang Babinsa. 
 
Sementara Danramil 01/Rengat Kapten Inf Hamdeni Boy Sitepu, saat dikonfirmasi menyampaikan apresiasinya kepada para Babinsa yang selalu aktif dan eksis serta memberikan Edukasi dalam mendampingi warga dalam mendampingi Peternak sapi di desa Binaannya Babinsa yang telah menjadi tanggung jawabnya, kepada peternak.
 
Upaya ini tentunya sangat berdampak sekali dalam menghambat laju perkembangan kasus Penyakit Mulut dan Kuku di Kecamatan Rengat ini berkat eksistensi Babinsa bersama aparat terkait yang rajin melakukan pemantauan dan edukasi."tutup Danramil.(Pr4as/sl)