Karier Politik Sabar As Melejit Pesat, Dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar dan sekarang Menjadi Bupati Kabupaten Pasaman

Suaralira.com, Pasaman -Tingkatkan DI sisa masa jabatannya sebagai Bupati Pasaman, Sabar AS berupaya menunjukkan keberpihakannya pada masyarakat lewat berbagai program berkualitas.
 
Di Pasaman, sebuah kabupaten yang terletak di ujung utara Sumatera Barat, dapat disaksikan kerja keras dan dedikasi dari seorang pemimpin Pasaman, Sabar AS, yang baru saja dilantik pada akhir 2023. 
 
Dia resmi dilantik sebagai Bupati Pasaman definitif, menggantikan Benny Utama yang mundur dari jabatan untuk mengikuti kontestasi Pemilu Legislatif 2024.
 
Meski kepemimpinannya terbilang seumur jagung, namun tekadnya untuk membangun Pasaman tak perlu diragukan. Sosok ayah dari 3 orang anak ini cukup dekat dengan masyarakat. Terlihat dari kemenangannya saat berpasangan dengan Benny Utama di Pilkada Pasaman 2020 lalu.
 
Kala itu, pasangan Benny Utama-Sabar AS mendapatkan 104.363 suara atau sekitar 84%, sementara kotak kosong yang menjadi lawan mereka tercatat 20.650 suara.
 
"Alhamdulillah, karier politik saya mengalir dengan baik dan berjalan dengan mulus. Posisi sebagai Bupati Pasaman juga disambut baik oleh masyarakat,” tutur Sabar AS kepada Media Indonesia di Jakarta, Kamis (1/2/2024)
 
Menurutnya, pengalaman berorganisasi menjadi pelajaran penting untuk menjalankan kariernya saat ini. Sebelum menjadi politisi, Sabar merupakan seorang aktivis yang juga memegang peran sebagai Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi pada 1999. Dia pun tercatat sebagai Ketua Umum Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Barat periode 2002-2004.
 
Berbekal pengetahuan, pengalaman, dan relasi, dirinya terpanggil untuk mengabdi di bidang politik dengan menjabat sebagai anggota DPRD Sumatera Barat tiga periode sejak 2009. (Fauzan/sl)