Hadapi Krisis Hanpangan Dan Antisipasi PMK Ternak Babinsa Lakukan Pendampingan.

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Sertu Eli suprian melakukan kegiatan pendampingan dan pemantauan terhadap hewan ternak milik pak Suratno warga binaannya guna untuk mengantisipasi hewan ternak warga agar tidak terkena penyakit PMK,di Desa Air Jernih Kecamatan Rengat Barat. Senin, tanggal 01/07/2024

Kepada suaralira.com Babinsa Sertu Eli suprian disela sela pendampingan mengatakan sangat perlu dilakukan karena sangatlah penting guna antisipasi krisis ketahanan pangan khususnya dan sosialisasi pencegahan wabah PMK.

Disampaikan kepada peternak dapat melaporkan kepada petugas kesehatan hewan (keswan) apabila ditemukan kambing atau sapi yang terjangkit penyakit tersebut.

“Alhamdulillah tidak kami temukan ciri atau gejala adanya penyakit mulut dan kuku, semua dalam kondisi sehat saat melakukan pantauan tersebut"ucap Sertu Eli suprian.

“Babunsa juga menghimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Babinsa atau petugas keswan apabila terdapat hewan ternaknya mengalami tanda-tanda penyakit PMK, agar segera lakukan penanganan agar tidak menimbulkan kerugian yang besar atau di jual murah oleh pemilik sapi”, imbuhnya.

Untuk itu,Agar hewan ternak tetap sehat, ada beberapa hal yang harus kita lakukan, pertama paling penting adalah menjaga kebersihan kandang dengan cara membuang kotoran ternak yang ada di dalam kandang dan apabila ada yang terjangkit PMK pertolongan memberikan vitamin C.

Kemudian dapat dihaluskan lalu di oleskan di mulutnya atau membuat jamu kunyit kemudian di minumkan ke sapi,jika kaki terluka dapat mengobati kakinya dengan cara mengoleskan oli kotor dengan kuas dibagian yang luka hindari pengobatan alternatif untuk mengobati sapi yang luka, "tutupnya(Pr4as.sl).