Pemuda Melayu Nusantara Resmi Dilantik, Fadila Saputra : 'Melayu Pemersatu NKRI'

PEKANBARU, Suaralira.com -- Pengurus Pemuda Melayu Nusantara (PMN) periode 2021-2026 resmi dilantik. Acara pelantikan dan pengukuhan ini digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu Riau Pekanbaru,  Kamis (23/12/2021) siang.
 
Ketua Pemuda Melayu Nusantara (PMN), Raja Asri Iqbal dalam sambutannya mengatakan bahwa, bangsa Indonesia mayoritas bangsa Melayu yang besar. Ia mempunya misi menjadikan masyarakat Melayu masyarakat yang bermartabat dan bermarwah.
 
“Pengurus Pemuda Melayu Nusantara ini terdiri dari berbagai suku di Indonesia. Dari Aceh sampai papua. Dengan adanya ini kita bersatu untuk menjaga marwah melayu. Sehingga diharapkan agar dapat mengangkat harkat martabat Melayu itu sendiri,” katanya.
 
Dikatakan nya lagi, Pemuda Melayu Nusantara ini merupakan wadah berkumpulnya seluruh masyarakat melayu yang ada di Indonesia.
“Kita berharap dengan wadah ini dapat mengumpulkan semua potensi pemuda Melayu dan saling membantu di segala lini. kalau kita bersatu maka kita akan kuat, sehingga NKRI dapat kita jaga bersama-sama dalam satu kesatuan, "Tutup Raja Asri Iqbal. 
 
Sementara itu, Sekretaris Jendral APP, Fadila Saputra yang juga Humas Persebatian Kekerabatan Resam Kerajaan Indragiri (PKRKI) mengucapkan Tahniah atas pelantikan Pemuda Melayu Nusantara (PMN). "Selamat atas pelantikan dan pengukuhan pengurus Pemuda Melayu Nusantara (PMN). Kedepannya PMN Nusantara ini dapat menyatukan Pemuda Melayu yang saat ini terpencar, "Ujarnya. 
 
Menurut Fadil lagi, Melayu merupakan Pemersatu NKRI. Kita dapat belajar kepada sejarah bahwa bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Melayu. "Dengan adanya bahasa Indonesia maka seluruh masyarakat di NKRI dapat berkomunikasi serta bersatu dalam suatu hubungan yang baik, "Jelasnya. 
 
Dikatakannya lagi, dirinya yakin Pemuda Melayu Nusantara ini dapat menjadi penjaga marwah Melayu dan melesarikan budaya Melayu di Pekanbaru khususnya, Riau dan Indonesia pada umumnya.  
 
Turut hadir dalam pelantikan tersebut mewakili Wakil Gubernur Riau, Kadis Pemuda dan Olahraga Prov Riau, Anggota DPD RI, pengurus LAM Kota Pekanbaru, Perwakilan Danrem, Perwakilan Kapolres Pekanbaru, Perwakilan Ormas Melayu serta Tokoh Masyarakat. (sl)