Siswa baru kelas I sudah mulai masuk kelas dan Orangtua siswa ikut melihat anaknya yang sudah masuk kelas

MPLS Hari Ketiga Rabu 17 juli 2024 SDN 164 Pekanbaru

Suaralira.com, Pekanbaru — MPLS adalah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kegiatan biasanya dilakukan saat memasuki jenjang pendidikan baru. 

Tujuan MPLS adalah untuk memperkenalkan siswa baru kepada lingkungan sekolah, sarana prasarana, program belajar,beserta kultur sekolah.

Setelah MPLS siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 161 Pekanbaru dengan Kepala Sekolah Hj. Jasminar S.Pd, "menyampaikan pada awak media suaralira.com Rabu 17 juli 2024 diruangannya, bahwa MPLS sudah memasuki hari ketiga sesuai jadwal diatur Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru setelah PPDB diselenggarakan.

Dihari ketiga Rabu 17 Juli 2024 sudah dimulai siswa siswi memasuki kelas/lokal yang telah ditentukan sekolah. Orangtua murid didepan lokal melihat anak anaknya yang telah menjadi siswa siswi di SDN 164 dengan Guru Guru hebatnya lagi mengajar yakni Guru Kelas 1 khusus, "ujar Jasminar.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah periode penting bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. MPLS bertujuan memperkenalkan siswa pada budaya, norma, dan tata tertib sekolah, serta membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru. 

Namun, untuk mencapai tujuan ini, penting bagi sekolah untuk memastikan bahwa MPLS dilaksanakan dengan cara yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan anak.

Situasi di dalam kelas siswa siswi nampak belum mempunyai seragam sekolah dengan berabagai macam baju dipakai siswa siswi. Tidak ada keseragaman yang telah dilihat, karena belum adanya seragam disediakan pihak sekolah.

Dalam hal jumlah siswa sesuai kuota diinginkan pihak sekolah 112 siswa terdiri dari empat rombel Ini sudah termasuk anak tempatan atau dilingkungan sekolah, "tutup Jasminar.

(Jheff/R/sl)