Festival Pacu Jalur Tradisional Rebutkan Piala Bergilir Danrem 031/WB Ke. II Tahun 2024 Resmi Dibuka.

Suaralira.com, Kuansing - Festifal Pacu Jalur Tradisional tingkat Kecamatan di Tepian Datuak simambang Rajo Nan putiah Kecamatan Sentra untuk Memperebutkan piala Bergilir Danrem 031/WB (Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan S A P. M.Han) yg ke II thn 2024 oleh Dr. H. Suhardiman Amby, M.M (Bupati Kuansing) Rabu tanggal 07 Agustus 2024 sekira Pukul 08.00 Wib. 
 
Dalam Acara  tersebut dihadiri oleh  Letkol Inf Emick.Chandra Nasution M.P.M. (Dandim 0302/Inhu Mewakili Danrem 031/WB), Kompol Subagja (Mewakili Kapolres Kuansing),Arpison (Anggota DPRD kab,Kuansing), Gusmir Indra (Anggota DPRD kab,Kuansing), Drs.Ashar Ali (Kadis pariwisata kab,kuansing), Rio kaster Wandra S.Sos (Kasatpol PP kab,Kuansing)
Hevi Heri Antoni S.Sos (Camat Sentajo Raya), Kapten Inf Jefri Sihombing (Danramil 02/KT), Andi Cahyadi (Ketua KONI Kab Kuansing),Toto Prestiwandoyo (Ketua Pelaksana pacu Jalur), Para Staf Ahli, Kadis,Kaban,Kasat Pol PP dan Kabag Pemkab Kuansing, Para Kades, Ketua BPD Se Kec Sentra, Seluruh Kepala SD, SMP, SMA se Kec Sentra,
Tomas,Toga,Toda se Kec Sentra,Para Offisial Jalur, serta tamu undangan dan masyarakat diperkirakan sekitar 1000 orang.
 
Dalam pembukaan festival pacu jalur tradisional tersebut Sekapur Sirih Dari Danrem 031/WB yang di bacakan oleh Dandim 0302/Inhu sebelumnya disampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Danrem 031/Wb karena tugas sehingga berhalangan hadir dan terima kasih atas upaya dan kerja pihak panitia atas terselenggaranya acara Pestival pacu Jalur Tradisional Ini"kata Dandim. 
 
Dikatakan Dandim 0302/Inhu bahwa kegiatan  pacu jalur ini peserta akan berkompetisi dalam memperebutkan piala bergilir Danrem 031/WB serta hadiah tambahan berupa sapi yang masing masing juara diberikan yakni untuk juara 1 hingga 3" Papar Dandim. 
 
Disamping itu juga, kegiatan pacu jalur tradisional ini merupakan hal positif untuk menyambung silaturahmi antara masyarakat pemerintah Kab. Kuansing dengan Korem 031/WB agar tetap selalu harmonis"ungkapnya.
 
Seperti diketahui bahwa pacu jalur adalah simbol keharmonisasi masyarakat serta dengan pacu jalur tradisional tersebut bisa mendatangkan serta menarik pariwisata dari daerah luar.
 
Untuk itu,mari tunjukan kepada mereka bahwa masyarakat Kuansing ramah , berahlak dan beradab. 
 
Selanjutnya bahwa Tradisi pacu jalur ini sudah mendarah daging di masyarakat,untuk itu mari sukseskan acara ini dengan menjunjung  tinggi sportifitas.
 
"Menang kalah itu hal yg biasa dalam pertandingan Semoga acara ini dapat berjalan dgn lancar" Pesanya. 
 
Sementara Bupati Kuansing dalam arahanya yang sekaligus membuka Pembukaan Secara Resmi Festival Pacu Jalur Tradisional Tingkat Kecamatan Sentani raya tahun 2024  di gelanggang pacu jalur tepian Datuak Simambang Rajo Nan putiah di laksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 8 -10 Agustus 2024" Tutur Bupati. 
 
Selanjutnya Bupati Kuansing juga menyampaikan agar selama pelaksa naan pacu jalur tidak hanya  berolah raga saja akan tetapi juga merupakan budaya yang harus tetap kita bersama dilestarikan ,Apalagi pacu jalur di Kecamatan Sentajo Raya ini memperebutkan Piala Danrem 031/WB"terangnya.
 
Pemerintah Daerah Kuantan singingi melaksanakan kegiatan pacu jalur disetiap gelanggang bertujuan selain  untuk mempertahankan budaya Pacu Jalur dan mendongkrak UMKM perekonomian masyarakat Kecamatan Sentajo Raya.
 
Diharapkan agar kepada anak pacuan jalur agar mejaga sportifitas dalam bertanding dan semoga kegiatan Festival Pacu jalur tradisional tingkat Kec Sentajo Raya tahun 2024 dapat berlangsung aman dan lancar"pesan Bupati. 
 
Usai sambutan dari Danrem 031/WB dan Bupati Kuantan singingi dilakukan 
Pemukulan Gong serta Penyerahan Piala Bergilir Dari Danrem 031/WB yang di wakili oleh Dandim 0302/Inhu kepada ketua pelaksana pacu jalur kecamatan Sentajo raya. 
 
Festival pacu jalur tradisional yang berlangsung Jalur Tepian Datuak Simambang Rajo Nan putiah sampai berita ini diturunkan hari ini diikuti oleh 90 Jalur yang dijaga oleh Personil PAM dari TNI 15 Personil,POLRI 25 Personil,Satpol PP  20 Personil serta 
Dishub 10 Personil. (Pras.sl)