Dandim 0302/Inhu Berikan Arahan Peserta Pacu Sampan Agar Jaga Sportifitas Dan Aman.

Suaralira.com,Rengat - Pembukaan Pesta Rakyat Budak Kampung Boso Seberang Kelurahan Kampung Besar Seberang Sparing Sehat Pacu Sampan Kocik dan Godang hari ini dibuka Jumat tanggal 09 Agustus 2024 sekira pukul 14.30 wib .
 
Kegiatan tersebut tepatnya di tepian Sungai Indragiri Kelurahan Kampung Besar Seberang Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu telah dibuka Pembukaan Pesta Rakyat Budak Kampung Boso Seberang Kelurahan Kampung Besar Seberang Sparing Sehat Pacu Sampan Kocik dan Godang.
 
Pembukaan tersebut dihadiri oleh 
Letkol Inf. Emick Chandra Nasution, M.P.M ( Dandim 0302/Inhu - Kuansing ) ,AKBP. Fahrian Siregar, S.I.K., M.Si ( Kapolres Inhu ),Afrizal Dharma, SE ( Sekwan DPRD Kab. Inhu mewakili Bupati Kab. Inhu  M.adib Zai , SH., MH ( Hakim Pengadilan Negeri Rengat Kab. Inhu ),Azwan mz ( Panitia Pelaksana Pacu Sampan ),Kepala Cabang Bri Rengat,Para Camat Sekabupaten Inhu, Parah Lurah dan Kades Sekecamatan Rengat, Todat, Tomas danToga, Para Oficial dan Peserta Pacu Sampan,serta Undangan dan Masyarakat. 
 
Bupati Kab. Inhu yang diwakili oleh Sekwan DPRD Kab. Inhu Sekaligus Membuka Secara Resmi Pacu Sampan menyampaikan bahwa acara Pesta Rakyat Budak Kampung Boso Seberang dilaksanakan dalam Rangka Menyambut Kemeriahan Hut Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Tahun 2024.
 
Sebagai Pemerintah daerah tentunya sangat Menyambut Baik Dan Memberikan Apresiasi Khusus Kepada Pihak Kecamatan, Sponsor Dan Warga Masyarakat Kampung Besar Seberang Yang Telah Berinisiatif. 
 
Serta dapat Berkolaborasi Dan Mendukung Penyelenggaraan Event Yang Bagi Saya Sangat Bernilai Positif dengan harapan Kemeriahan Serta Antusiasme Kita Terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Ini, Semakin Menghadirkan Semangat Nasionalisme Serta Kecintaan Kita Terhadap Bangsa dan Daerah.
 
Masih kata sekwan bahwa Pada Event Pesta Rakyat Ini Beragam Perlombaan dipertandingkan diantaranya sparing sehat Pacu Sampan Kocik Dan Godang"ucapnya.
 
Seperti tahun sebelumnya juga Pemerintah ditepian sungai indragiri juga pernah dilaksanakan di tepian Sungai Indragiri Event Pacu Sampan Tradisional.
 
Tidak hanya tradisi masyaralat akan tetapi Event Pacu Sampan ditemukan juga perlombaan yang menarik karena peserta dituntut memiliki nyali besar yang mampu membangkitkan adrenalin baik peserta maupun penonton"sebutnya.
 
Selanjutnya melalui Penyelenggaraan Sparing Sehat Pacu Sampan Ini mampu menjadi Triger dan tentunya dapat menumbuhkan semangat bagi masing masing peserta Pacu Untuk Menunjukkan Prestasi Terbaik.
 
Untuk diketahui juga  bahwa even Pacu Jalur Nasional Di Tepian Narosa Kabupaten Kuantan Singingi, Jalur-jalur Indragiri Hulu juga berhasil dan menorehkan prestasi yang membagakan"sebutnya.
 
Diakhir sambutanya juga disampaikan agar para peserta berlombalah dengan semangat juang dan yang paling utama adalah tetap menjunjung tinggi Sportifitas,hindari yang bentuk tindakan yang menodai. 
 
Usai sambutanya Kompetisi Ini yakni  Event Pesta Rakyat Budak Kampung Boso Seberang Dapat Berjalan Dengan Lancar Dan Tentunya Dapat Juga Menjadi Pendorong Dan Peningkatan Perekonomian Masyarakat" Tutup Sekwan. 
 
Sementara Dandim 0302/Inhu dalam arahanya menyampaikan kami (Da dim red)dari Forkopimda berharap agar Pelaksanaan Pacu Sampan Tahun Ini berjalan dengan Aman, Kita harus belajar dari tahun tahun sebelumnyA"ucapnya.
 
"Selain itu, diminta kepada seluruh oficial dan peserta Pacu sampan Menjunjung tinggi Siportivitas dan oficial dan peserta sama sama kita menjaga keamanan dan ketertiban agar pelaksanaan pacu sampan ini berjalan dengan lancar tanpa ada pertikaian dan keributan"pesan Dandim. 
 
Usai sambutan dan arahan perlombaaan pacu sampai yang dimulai dari hilir dilepas oleh Bupati Inhu atau yang mewakili dan Forkopimda
 
Yang diikuti dari keseluruhan jumlah pacu sampan Kocik yang Akan Berpacu sebanyak 42 Sampan Kocik dan lintasan yang ditepuh dengan jarak sekitar 500 M. 
 
Even tersebut juga ditempatkan Pengamanan legiatan Pacu Sampan dari pihak TNI 30 Personil, Polri : 60 Personil, Satpol PP  100 Personil,Dishub  20 Personil. (pras.sl)