Muhammad Yunus Pane Siap Majukan KORMI Pekanbaru

Suaralira.com, Pekanbaru -- Mantan Petinju raja kelas berat Indonesia, Muhammad Yunus Pane SH MH siap memajukan olahraga masyarakat melalui Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) di Kota Pekanbaru. 
 
Yunus Pane juga siap menjalankan Misi dan Visi Kormi dan berkomitmen satu misi dengan Ketua Umum Kormi Provinsi, " ujarnya usai menerima mandat dari ketua umum KORMI Provinsi Riau, Selasa (13/9).
 
Pria yang akrab disapa Kaka Pane ini memiliki segudang prestasi yang berhasil diraih. Kaka Pane pernah meraih prestasi saat tampil pada Sea Games 2007 di Thailand dengan meraih medali perunggu.
 
Kaka Pane juga telah tampil dibeberapa kali Pekan Olahraga Nasional (PON) dimana pertama kali turun di PON 2004 Kalimantan Timur, lalu PON 2008 di Sumatera Selatan dan PON 2012 di Riau.
 
Dari tiga kali PON itu Muhammad Yunus Pane berhasil meraih perunggu. Serta 2 pertandingan  terakhir ia meraih perak di PON 2016 serta Perunggu di Ajang Porwil Indonesia Bagian Barat pada tahun 2019. 
 
Saat ini, Yunus Pane, berprofesi sebagai seorang Lawyer (Pengacara) yang menangani perkara perkara khusus seperti Tipikor dan Perkara-Perkara Umum lainnya di Provinsi Riau seperti Prodeo di Polda Riau, Polresta Pekanbaru dan Polsek -Polsek Di wilayah Hukum Kota Pekanbaru.
 
Kaka Pane  juga sebagai Akademisi, dan tentunya tetap berkecimpung di dunia Olahraga baik olahraga tinju dan olahraga menembak airsoft. Selanjutnya Ia berkantor dan berdomisili di Kantor Hukum Muhammad Yunus & Rekan di Jl Gading Marpoyan Damai Ruko III Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, sejak tahun 2016 hingga sekarang selaku pimpinan. 
 
Yunus Pane juga hobi berorganisasi baik di lembaga olahraga, organisasi kepemudaan serta lembaga lainnya. Yunus Pane adalah sekretaris umum Persatuan Tinju Amatir indonesia (Pertina), Ketua bidang hukum & Olahraga Koni kota Pekanbaru , Ketua Para Ksatria pecinta airsoft (PKPA) kota pekanbaru dan juga kepala bidang hukum & advokasi Persatuan Olahraga Airsoft Seluruh Indonesia ( Porgasi) Provinsi Riau. 
 
Ia optimis dengan kompetensi dan pengalaman yang dimiliki serta sokongan dari publik dan kolega, dapat memajukan potensi olahraga masyarakat sebagai pintu pertama pembangkit minat masyarakat kota pekanbaru untuk menggiati olahraga.
 
Melalui Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Kota Pekanbaru, yang tentunya akan terus berprestasi diberbagai ajang kompetisi termasuk festival olahraga masyarakat nasional (FORNAS) yang diselenggarakan 2tahun sekali, dimana Fornas Ke-7 2023 Esok akan terselenggara di kota bandung jawa barat. 
 
Lebih lanjut, dijelaskan Kaka Pane adapun Tugas dan Fungsi Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Pekanbaru adalah sebagai mitra pemerintah dalam rangka memfasilitasi dan mediasi serta memotivasi dunia olahraga pada pencapaian prestasi maksimal. Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Pekanbaru sebagai organisasi kepanjangan tangan pemerintah (organisasi mitra pemerintah) merupakan satu – satunya badan yang bertanggung jawab terhadap olahraga rekreasi masyarakat (mengelola, membina, mengembangkan, dan mengkoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan olahraga rekreasi masyarakat setiap anggota di wilayah Kota Pekanbaru. 
 
Oleh karena itu Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) mempunyai tugas dan peran yang besar dalam membantu pemerintah dalam menentukan arah kebijakan terkait pengelolaan, pengembangan dan pembinaan serta pengembangan olahraga rekreasi masyarakat di Kota Pekanbaru.
 
Maksud dan tujuan dibentuknya organisasi Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Pekanbaru adalah :
 
Menjalankan program kerja organisasi;
Mendukung program kerja induk organisasi cabang olahraga anggota KORMI Kota Pekanbaru dalam mengembangkan olahraga rekreasi di Kota Pekanbaru;
Mewadahi dan membina masyarakat dalam kegiatan olahraga rekreasi sehingga olahraga dijadikan sebagai budaya dan gaya hidup demi terciptanya masyarakat yang produktif. 
 
Melakukan Pembinaan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia dalam rangka pengelolaan olahraga rekreasi masyarakat sebagai wujud peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
 
Membantu program Pemerintah Kota Pekanbaru dalam meningkatkan Indeks Kebahagian melalui kegiatan olahraga rekreasi masyarakat Kota Pekanbaru. 
 
VISI:
 
“TERWUJUDNYA KELUARGA DAN MASYARAKAT KOTA PEKANBARU YANG SEHAT, BUGAR DAN BERPRESTASI”
 
MISI:
 
Menanamkan budaya olahraga untuk dijadikan sebagai gaya hidup masyarakat Kota Pekanbaru sebagai tolak ukur peningkatan angka partisipasi masyarakat berolahraga. 
 
Menyebarluaskan olahraga rekreasi masyarakat pada seluruh elemen masyarakat di Kota Pekanbaru. 
 
Meningkatkan derajat kesehatan dan produktivitas masyarakat Kota Pekanbaru. 
 
Melestarikan dan mengembangkan olahraga rekreasi masyarakat yang bercirikan massal, tradisional dan khusus. 
 
Pembinaan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia dalam rangka pengelolaan olahraga rekreasi masyarakat sebagai wujud peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Pekanbaru. (Fa/St/sl)