Dandim 0302/Inhu - Kuansing Jadi Narasumber Saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa/i Baru PKKMB ITB

Suaralira.com, Rengat - Mengusung Tema "Untuk Mewujudkan Generasi Muda Yang " Tangguh, Beretika, Kreatif dan Inovatif " diberikan kepada mahasiswa/I baru Institut Teknologi dan Bisnis Indragiri ,dilaksanakan pada Kamis tanggal 05 September 2024 sekira Pukul 08.30 wib bertempat di Gedung Dang Purnama Jl. Bupati Tulus Kelurahan Skip Hulu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. 
 
Kegiatan dihadiri oleh Bupati Inhu yang diwakili oleh Bobby Mauliyantino, S.T., M.T ( Kepala Bappeda), Letkol Inf. Emick Chandra Nasution, M.P.M ( Dandim 0302/Inhu-Kuansing ),Mayor inf Kabul ( Kasdim 0302/Inhu) ,Kompol Manapar. Situmeang. SH., S.I.K ( Waka Polres Mewakili Kapolres Inhu ),Ir. Hendri A. saleh, MA ( Ketua Yayasan Pendidikan Kab. Inhu ), H.R. Marwan Indra S, SE., M.Si ( Rektor ITB Kab. Inhu ), Mr. Ziko Fransinatra, S.S., MM ( Wakil Rektor I ITB Kab. Inhu ), Dr. Aris Triyono, S.E., MM ( Wakil Rektor II ITB Kab. Inhu ), Gerhana Adjie, S.E., MM ( Wakil Rektor III ITB Kab. Inhu ), Perwakilan Kelurahan Rantau Mepesa, 
Ketua Senat dan Sekertaris Senat ITB Indragiri, Para Ketua Program Studi ITB Indragiri, Para dosen dan Karyawan/i Citivas Akademika ITB Indragiri,Para Panitia dan Mahasiswa Baru ITB Indragiri.
 
Pada kegiatan tersebut Sambutan H.R. Marwan Indra S, SE., M.Si Rektor ITB Kab.Inhu menyanpaikan selamat datang dan diterima diterima di ITB Kab. Inhu dikarenakan masi Banyak yang gagal masuk dalam Intitusi ITB Kab. Inhu.
 
Kami juga dari intitusi teknologi akan terus Meningkatkan Mutu Kurikulum dan Para dosen yang Berkompeten dalam meningkatkan Pendidikan di ITB Indragiri dan terus Memotipasi adek adek agar cita - cita para adek sekalian bisa tercapai.
 
Sementara Sambutan Bupati Kab.Inhu diwakili oleh Kepala Bapepda Kab. Inhu menyampaikan kepada Para Mahasiswa/i hari Ini akan dimulai Tahapan pase Perkuliahan, dalam Pase inilah para adek dibentuk Karakternya.
 
Semoga para adek sekalian dapat mengikuti seluruh rangkaian pase perkuliahan dan Adek Sekalianlah yang akan dibentuk untuk indonesia maju, karena Pendidikan sangat berpengaruh Besar dalam Menciptakan SDM yang mampu bersaing nantinya. 
 
Usai sambutanya Bupati ya g diwakili oleh ketua Bappeda langsung melakukan pemasangan Tanda Peserta PKKMB bagi mahasiswa/I baru. 
 
Selanjutnya mengawali kuliah dengan
Materi Pedidikan Karakter oleh Narasumber Kepada Mahasiswa/i Baru Terkait dengan Muatan Lokal Perguruaan tinggi serta etika,  tata Krama dan Sopan santun yang disampaikan oleh Narasumber Aida Malika,S.Pi., M.Si.
 
Sementara Letkol Inf. Emick Chandra Nasution, M.P.M ( Dandim 0302/Inhu-Kuansing ) juga turut sebagai Narasumber yang menyampaikan  tentang materi Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Pembinaan Kedaulatan Belanegara. 
 
Dandim 0302/Inhu saat itu Dalam penyampaianya yang termuat pada Pasal 27 ayat 3 bahwa pada pasal 1 dibunyikan bahwa setiap
warga negara berhak dan wajib serta dalam upaya pembelaan negara dan pada pasal 2. Bela negara adalah Tekad ,sikap dan tindakan warga negara yang teratur menyeluruh, terpadu berkelanjutan yang dilandasi oleh Kecintaan pada tanah air. 
 
Selanjutnya juga tentang Kesadaran , berbangsa dan bernegara indonesia serta keyakinan akan kesaktian pancasila sebagai ideologi negara dan kerelaan untuk berkorban guna meniadakan setiap ancaman.
 
Ditambahkan Dandim bahwa pada pasal 3.bahwa Tujuan bela negara adalah melindungi kedaulatan dan keutuhan negara, ke 4. Komponen pertahanan negara antara Lain Komponen Utama TNI, Komponen Cadangan dan Komponen pendukung.
 
Terakhir untuk yang ke lima yakni tentang tentang Bela negara secara fisik dan non fisik, secara fisik Terkait tentang keberadaan Menwa dan Security sementara untuk Non fisik dapat melalui belajar dengan sungguh sungguh,Mencintai Produk dalam negeri serta Mencintai Budaya"tutup Dandim.
 
Usai Dandim 0302/Inhu- Kuansing saat itu Juga dilakukan penyanpaian oleh narasumber oleh Akp.Beny Adil Saputra S.E ( Kasat Intelkam Polres Inhu ) yang memberikan Materi tentang Pengembangan Karakter Mahasiswa agar Mempunyai Sikap Sebagai Intelektual Anti Kekerasan ( Anti Perundungan ), (Pras.sl)