Untuk Wujudkan Pemilu Damai Satreskrim Polres Inhu Lacak Berita Bohong.

Suaralira.com, INHU - mencegah dan menghindari adanya Penyebaran berita bohong (hoax) akan dapat mengancam pelaksanaan Pemilu damai 2024. Sehingga itu pula yang menjadi target Satuan Reserse kriminal (Satreskrim) Polres Indragiri Hulu (Inhu).
 
"Pihak Kami setiap saat selalu waspada dengan peredaran berita bohong di media siber hingga media sosial. Apalagi berita bohong itu berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada," Kasat Reskrim Polres Inhu, AKP Arthur Joshua Toreh STrK SIK MA, Sabtu (7/9/2024).
 
Agar berita bohong dapat secra scepat dicegah dan diketahui ada sejumlah personel Satreskrim yang ditugaskan khusus selama pelaksanaan Pilkada 2024, dan personel tersebut selalu berada di depan komputer atau laptop.l setiap saatnya. 
 
"Selain memantau peredaran berita bohong melalui komputer, personel tersebut turun mensosialisasikan kepada masyarakat.,"ujarnya.
 
Terkait dengan Berita bohong yang dilakukan oleh pelaku itu sudah jelas ada sanksi yang dapat menjerat pelakunya. Bahkan, penyebaran berita bohong tersebut salah satu tindak kriminal yang dapat dijerat melalui undang-undang ITE nomor 1 tahun 2024.
 
"Karena dampak dari penyebaran hoax sangat besar, karena berita yang dikirim tanpa verifikasi bisa menjadi sumber ketidakpastian dan kebingungan," tegasnya.
 
Untuk itu imbauannya, kepada warga hendaknya tidak melakukan penyebaran berita bohong, apalagi selama Pilkada serentak 2024 ini. "Mari sama-sama kita jaga kondusifitas daerah ini dan jadikan Pilkada sejuk dan damai,"pintanya.(Pras.sl)