Babinsa Koramil 01/Pantau Penyakit Mematikan Akan Timbulkan Kerugian Besar Bagi Peternak

Suaralira.com, Rengat - Upaya Babinsa Koramil 01/ Rengat yang selalu rutin pantau terus penanganan penyebaran wabah PMK(Penyakit Mulut dan Kuku) dimana yang sering terjadi menyerang pada hewan ternak berkuku belah.
 
Sebagai Babinsa Kopda SY.E Hasibuan melakukan pemantauan di kandang sapi milik Warga langsung ke kandang Sapi warga dan melihat perkembangan di salah satu kandang Sapi milik warga yang berada di Desa binaan berada di Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. 
 
Untuk memastikan apakah terbebas dari penyakit PMK ini.Upaya ini merupakan bentuk empati Babinsa agar mengetahui kondisi Sapi warga apakah sehat dan tidak terjangkit virus PMK ,Senin (23 September 2024).
 
Danramil 01/Rengat Kaften Inf H.B.Sitepu menegaskan pada Babinsanya selalu rutin menyampaikan pada anggotanya agar tetap pantau terus dalam penanganan PMK pada hewan-hewan sapi peliharaan milik warga di wilayah yang menjadi tanggung jawab Babinsa.
 
Pihak Dinas kesehatan hewani bekerjasama dengan Babinsa dan aparatur pemerintah daerah setempat yang selalu ada hadir untuk mendukung kegiatan pemutusan rantai Virus PMK ini.
 
Babinsapun ikut andil dalam pendampingan setiap ada kegiatan pengecekan kesehatan hewan-hewan peliharaan khusus nya hewan berkuku belah yang sering di jumpai kandang Sapi warga."Tegas Danramil 01/Rengat"
 
Karena Penanganan PMK ini sudah merupakan tanggung jawab bersama oleh baik TNI dan instansi terkait lainnya, Sebagai Babinsa dan aparat pemerintah Desa berupaya untuk membantu masyarakat memutus mata rantai PMK. 
 
Bisa menyerang secara mendadak kepada hewan-hewan peliharaan milik masyarakat yang menjadi salah satu sumber penghasilannya .
 
Sebagai Babinsa Kopda.S.Y.E Hasibuan Desa Sungai Baung Kec.Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu masih terus berlanjut dalam penanganan serius terhadap adanya wabah virus akut penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan mendatangi hewan peliharaan Sapi milik warga.
 
Saat melakukan kunjungan memang tidak didapati hewan milik warga namun pemilik ternak dirinya berpesan  saat mensosialisasikan kepada warga agar peka pada hewan peliharaan nya apabila ada tanda-tanda hewan nya terjangkit virus PMK ini.
 
Peternak harus mengetahui gejala-gejala ternak terkena penyakit PMK ini diantaranya salah satunya badan hewan peliharaan nya semakin hari semakin kurus dan kurang nya nafsu makan nya,keluarnya air liur nya yang berbusa terus-menerus,kukunya luka seperti mengelupas.
 
Babinsa mengharapkan agar peternak mengetahui hewan-hewan ternak milik masyarakat di wilayah binaan bebas dari PMK pada hewan peliharaan khususnya hewan berkaki empat jika didapati ciri ciri tersebut dapat segera untuk melaporkan kepada petugas atau pihak terkait agar tidak meluas dan menimbulkan kerugian besar lagi"pesan Babinsa(Pr4as.sl)