Panen Padi dan Penanam Cabai oleh Ketua KTNA Provinsi Riau bersama Kelompok Wanita Tani


Dibaca: 1713 kali 
Kamis,23 Mei 2024 - 22:11:59 WIB
Panen Padi dan Penanam Cabai oleh Ketua KTNA Provinsi Riau bersama Kelompok Wanita Tani
Kampar, Suaralira.com -- Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Riau Drs. Yusri, M.Si yang juga Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) melakukan Panen padi di Desa Sawah Baru bersama Kelompok Wanita Tani dan KTNA Kec Kampa, Kamis (23/5/24). 
 
Alhamdulillah, hari ini kita panen raya padinya luar biasa, semangat dan keseriusan kelompok tani dan masyarakat dalam bertani telah mendapatkan hasil yang maksimal sehingga kita bisa melakukan panen raya bersama. Selamat kepada seluruh petani dan masyarakat semoga para petani selalu sehat,” ucap Yusri.
 
Yusri pada kesempatan itu menghimbau kepada masyarakat agar tidak menjual lahan hanya untuk galian C dan juga digunakan untuk pemukiman karna akan merusak sektor pertanian. Lahan pertanian berkelanjutan akan kita pertahankan di Kabupaten Kampar.
 
Ketua KTNA Riau berharap agar lahan pertanian tidak di gunakan untuk pembangunan, tidak boleh terganggu oleh tambang maupun perkebunan. “Pinta Yusri
 
Terkait dengan Kampar menuju swasembada pangan, Yusri menegaskan bahwa ini harus kita kejar, karena jika Kampar sudah swasembada pangan maka otomatis masyarakat khususnya petani akan sejahtera, dan ini sudah merupakan target KTNA.
 
Sementara itu, Ketua KTNA Kec Kampa, Sahrul Dt Ndolelo, menyampaikan terima Kasih kepada Ketua KTNA Riau dan juga Dt Bandaro Mudo yang telah hadir dan melakukan panen raya padi bersama kelompok tani dan masyarakat di kec Kampa ini.
 
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penanam Perdana Bibit Cabe di lahan Gapoktan Kamboja Desa Kampar Kec Kampa oleh Ketua KTNA Provinsi Riau, Drs. H. Yusri, M. Si (Dt.Bandaro Mudo). 
 
Bersama-sama Menanam cabai sebagai Langkah Awal Menuju Kemandirian Pangan, Mengendalikan Inflasi dan Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. 
 
Banyaknya produksi pertanian di Kab Kampar, membuat harga juga tidak stabil. "Kalau bisa nantinya panen sebanyak-banyaknya, tapi harga tetap terkendali. Inilah diperlukan hilirisasi. Kita senang, petani juga harus senang," ucap Yusri. 
 
Diharapkan kedepannya dapat menjaga ketahanan produksi komoditi pertanian di Kab Kampar khususnya Kec Kampa supaya terus berproduksi.
 
Kita harap dapat menghitung persis kebutuhan konsumsi dan kemampuan produksi. Jika semua mampu kita produksi sendiri, daya tahan produksi kita tetap tinggi, maka inflasi bisa kita jaga tetap rendah," pungkasnya. 
 
Turut hadir dalam panen raya sekaligus penanam cabai, Ketua KTNA Prov Riau, Drs. H. Yusri, M. Si, Camat Kampa, Rahmat Fajri, SSTP, Kepala Desa Kampa, Erman Khairuddin, ST, Ketua KTNA Kec Kampa, Sahrul Dt Ndolelo, Babinsa Kec Kampa, Kelompok Wanita Tani. (Fa) 
 
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :