Upaya Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 01/Rgt Dampingi Peternak Sapi Untuk Antisipasi PMK.


Dibaca: 962 kali 
Kamis,13 Juni 2024 - 12:40:09 WIB
Upaya Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 01/Rgt Dampingi Peternak Sapi Untuk Antisipasi PMK.

Suaralira.com, Rengat  - Babinsa Koramil 01/Rengat, Sertu Eli suprian melakukan kegiatan pendampingan dan pemantauan terhadap hewan ternak milik pak Suratno warga binaannya untuk mengantisipasi hewan ternak warga.

Agar tidak terkena penyakit PMK, khususnya yang ada di wilayah binaannya di Desa Rawa bangun,kecamatan Rengat Kamis, tanggal 13/06/2024

Kepada suaralira.com Menurut Babinsa Sertu Eli suprian mengatakan bahwa, peternakan ini dilakukan sangatlah penting guna antisipasi krisis ketahanan pangan khususnya di wilayah binaan.

Sekaligus  melaksanakan pendampingan dan sosialisasi pencegahan wabah PMK dan melaporkan kepada petugas kesehatan hewan (keswan) apabila ditemukan kambing atau sapi yang terjangkit penyakit tersebut.

“Kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat dan sebagai bukti bahwa kami sebagai Babinsa peduli dengan warga binaan kami.

"Ternak sudah dipantau ada beberapa ekor tadi sudah kami lihat, alhamdulillah tidak kami temukan ciri atau gejala adanya penyakit mulut dan kuku, semua dalam kondisi sehat” ucap Sertu Eli suprian.

“Kita juga menghimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Babinsa atau petugas keswan apabila terdapat hewan ternaknya mengalami tanda-tanda penyakit PMK.

Untuk itu,agar segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang besar atau di jual murah oleh pemilik sapi”, imbuhnya.

Agar hewan ternak tetap sehat, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Yang pertama paling penting adalah menjaga kebersihan kandang dengan cara membuang kotoran ternak yang ada di dalam kandang.

Dan apabila ada yang terjangkit PMK untuk pertolongan pertama adalah memberikan vitamin C dengan cara dihaluskan kemudian di oleskan di mulutnya atau membuat jamu kunyit kemudian di minumkan ke sapi dan untuk mengobati kakinya dengan cara mengoleskan oli kotor dengan kuas dibagian yang luka.

Banyak ternak yang sudah terbukti bahwa oli tersebut dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengobati sapi yang luka,"tambahnya(Pr4as.sl)


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :