Upaya Babinsa Koramil 01/Rgt Untuk Membantu Masyarakat Dalam Melaksanakan Penanganan PMK


Dibaca: 1042 kali 
Jumat,14 Juni 2024 - 11:28:29 WIB
Upaya Babinsa Koramil 01/Rgt Untuk Membantu Masyarakat Dalam Melaksanakan Penanganan PMK

Suaralira.com, Rengat - Perlu adanya  upaya pencegahan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak, Babinsa Koramil 01/Rengat, Serda Zakirman  melakukan kegiatan pendampingan dan pemantauan terhadap hewan ternak milik warga.

Upaya tersebut untuk mengantisipasi hewan ternak warga aman dari penyakit PMK, khususnya yang ada di wilayah binaannya di Desa Rantau mapesa, kecamatan Rengat jum'at,  14  juni  2024.

Menurut Babinsa Serda Zakirman kepada suaralira.com disela kunjunganya mengatakan bahwa, setelah melakukan pengecekan dan sosialisasi ke rumah warga.

"Sekaligus memberikan sosialisasi pencegahan wabah PMK dan melaporkan kepada petugas kesehatan hewan (keswan) apabila ditemukan kambing atau sapi yang terjangkit penyakit tersebut.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat dan sebagai bukti bahwa kami sebagai Babinsa peduli dengan warga binaan kami, "ucapnya.

Sudah beberapa ekor tadi sudah kami lihat, dan alhamdulillah tidak kami temukan ciri atau gejala adanya penyakit mulut dan kuku, semua dalam kondisi sehat”ujar Serda zakirman.

“Kita juga menghimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Babinsa atau petugas keswan apabila terdapat hewan ternaknya mengalami tanda-tanda penyakit PMK,"ungkapnya.

Agar segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang besar atau di jual murah oleh pemilik sapi”, imbuhnya.

"Hewan ternak yang kita miliki tetap sehat, maka kita harus menjaga kebersihan kandang dengan cara membuang kotoran nya setiap hari dan menyemprot kandang dengan menggunakan Disinfektan untuk membunuh Virus.

Dan apabila ada yang terjangkit PMK untuk pertolongan pertama adalah memberikan vitamin C dengan cara dihaluskan kemudian di oleskan di mulutnya.

Atau membuat jamu kunyit kemudian di minumkan ke sapi dan untuk mengobati kakinya dengan cara mengoleskan oli kotor. Dengan demikian mudah - mudahan hewan ternak bisa sembuh.

"Danramil 01/Rengat menyampaikan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh anggotanya untuk membantu kesulitan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan penyakit mulut dan kuku ( PMK ).(Pr4as.sl)


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :