Konstruksi Tol Antasari-Depok Masih Terganjal Pembebasan Lahan

Suaralira - Dengan masih banyaknya lahan yang belum dibebaskan dan letaknya terpencar-pencar di berbagai lokasi membuat progres atau kemajuan konstruksi jalan tol Antasari-Depok tahap I (Antasari-Sawangan) hingga kini baru berjalan 25 persen. Maka kita bisa selesai akhir tahun.


Demikian dikutip dari Bisnis.com, Dikatakan Direktur PT Citra Waspphutowa Tri Agus kepada wartawan dalam acara "site visit" di konstruksi jalan tol Antasari-Depok di Jakarta, Kamis (04/02/2016). "Progres konstruksi 25 persen dan jika tanah bisa dibebaskan bulan depan, maka kita bisa selesai akhir tahun, berarti Desember sudah selesai."

PT Citra Waspphutowa merupakan konsorsium pengelola dan pembangunan tol Antasari-Depok-Bogor yang terdiri atas empat pemegang saham, yaitu PT Citra Marga Nusaphala Persada (porsi saham 62,5%), serta PT Hutama Karya, PT Waskita Karya, dan PT Pembangunan Perumahan (masing-masing 12,5%).


Sementara itu untuk tahap I mengenai pembebasan lahan yakni Antasari – Sawangan sudah mencapai 90 persen. Namun sisanya lahan 10 persen lagi yang belum dibebaskan, lokasinya terpencar-pencar di banyak tempat.

Selain itu, total investasi untuk pembangunan tol tahap I diperkirakan mencapai sekitar Rp3,5 triliun, dengan hak konsesi selama 40 tahun, tutur Tri Agus.


Menurut Tri Agus, sebenarnya dari tahun 2012 rata-rata warga sudah bisa menerima hasil appraisal untuk harga tanah atau lahan yang mereka miliki. "Ini sebetulnya tinggal kesiapan dana (untuk membebaskan tanah)."


Karena tanah yang akan dibebaskan sangat bervariasi, maka proses penilaiannya juga dilakukan bidang per bidang. Sehingga dapat berbeda satu bidang tanah dengan yang lain, terangnya.


"Jadi ini pengadaan tanah dulu, ada warga, ada surat-surat, ada dana, baru bebas," katanya dan mengungkapkan, sebenarnya bila seluruh tanah telah berhasil dibebaskan maka idealnya konstruksi berjalan hanya 18 bulan.



Menurut dia, bila jalan tol tersebut dapat selesai maka warga yang tinggal di jabodetabek bisa agak bernafas lega, karena di Ibu Kota saat ini juga sedang dibangun moda transportassi massal seperti MRT dan LRT.


Sebagaimana diketahui, pembangunan Tol Antasari-Depok-Bogor dibagi menjadi Tahap I yaitu Antasari-Depok (Sawangan) sepanjang 12 kilometer dan Tahap II yaitu Sawangan-Bogor (Bojong Gede) sepanjang 9 kilometer, katanya sambil menutup. (***)