Ini bahaya minum es saat berbuka puasa

 

TANAH BUMBU (suaralira.com) - Meminum es saat berbuka puasa, merupakan salah satu rutinitas hal yang digemari masyarakat Indonesia. Sepintas, hal ini memang bisa menghilangkan dahaga setelah kurang lebih 12 jam lamanya kita menahan makan dan minum. Namun tahukah anda, jika hal ini dilakukan secara terus menerus secara berlebihan, maka bisa membahayakan kesehatan tubuh anda, seperti kontraksi pada lambung, yang bisa mempengaruhi sistem pencernaan tubuh anda.


Jika kita terbiasa berbuka puasa dengan mengkonsumsi berbagai cemilan seperti gorengan dan es sirup, es buah, atau es teh manis, maka sebaiknya mulai sekarang kurangi dulu, dan tahan selama 7 hingga 30 menit, hingga perut anda terisi berbagai makanan yang bergizi. Sebab, jika saat berbuka puasa anda langsung meminum air es dan makan gorengan, maka makanan yang mengandung minyak yang telah kita makan, menjadi membeku, sehingga pencernaan anda bisa terganggu.


Selanjutnya, jika pencernaan anda terganggu, maka jika sistem imun tubuh kita lemah, akan mudah terserang berbagai penyakit, seperti susah buang air besar (BAB), serta bisa terkena penyakit maag. Jika kondisi maag anda sudah kronis, maka bisa terkena penyakit tifus.


Dilain pihak, jika berbagai sisa makanan yang menjadi lemak membeku di bagian usus, maka lemak tersebut akan menyempitkan saluran, sehingga bisa membuat badan anda tidak enak, serta gemuk.


Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya konsumsilah air putih hangat dan makan makanan yang manis seperti kurma dan kolak pada saat berbuka puasa, kemudian baru minum es setelah lambung anda stabil.


Sementara itu, untuk menghindari kekurangan cairan pada saat puasa, maka perbanyaklah mengkonsumsi air putih pada saat buka, sebelum tidur, dan pada saat sahur. Selain itu, perbanyak juga mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat seperti buah pear, apel, dan berbagai sayuran seperti bayam, buncis, dan kacang panjang, untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh anda.  


Sudah tahu kan, bahayanya minum es langsung saat berbuka puasa. Yuk, mari jaga kesehatan tubuh kita agar badan sehat dan bugar, sehingga bisa menunaikan ibadah puasa hingga sebulan lamanya.