Cegah Hipertensi, Gaya Hidup Peran Utama

GAYA hidup memainkan peran utama dalam penyembuhan tekanan darah tinggi Anda. Satu cara yang efektif bisa mengontrol tekanan darah tinggi adalah dengan gaya hidup sehat yang dilansir jpnn.
 
Inilah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, seperti dilansir laman India Times.
 
1. Tidur selama 7 jam
Orang yang tidur lima jam atau kurang setiap malam mungkin berada pada risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi. Seiring waktu, kurang tidur bisa menyakiti kemampuan tubuh Anda untuk mengatur hormon stres yang menyebabkan tekanan darah tinggi.
 
Ini bukan hanya tentang berapa banyak Anda tidur, tetapi kualitas tidur malam Anda yang bisa memengaruhi risiko Anda mengalami hipertensi.
 
2. Makan lebih sedikit garam
Garam membuat tubuh Anda menahan air. Jika Anda makan terlalu banyak garam maka air tambahan yang disimpan dalam tubuh bisa meningkatkan tekanan darah Anda.
 
Ini bisa menjadi masalah tertentu jika Anda memiliki BP tinggi. Jika Anda kelebihan berat badan, asupan garam yang tinggi meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.
 
Juga, makan terlalu banyak garam juga bisa berarti bahwa obat tekanan darah seperti diuretik tidak bekerja dengan baik. Jauhkan diri dari daging olahan dan ikan yang tinggi garam.
 
3. Olahraga minimal 150 menit seminggu
Olahraga setidaknya 150 menit seminggu. Bisa juga melakukan aktivitas aerobik sedang dan 75 menit seminggu aktivitas aerobik yang kuat. Anda bisa melakukan kombinasi keduanya. Latihan/olahraga adalah terapi obat bebas untuk mengatasi hipertensi. Aktivitas fisik yang teratur membuat jantung Anda lebih kuat.
 
Sebuah jantung yang kuat bisa memompa lebih banyak darah dengan sedikit usaha.Tapi untuk mempertahankan BP sehat, Anda perlu tetap berolahraga secara teratur. Dibutuhkan sekitar satu sampai tiga bulan untuk latihan berdampak pada tekanan darah Anda.
 
4. Bermeditasi 10 menit setiap hari
Stres adalah sistem alarm alami tubuh Anda. Ia melepaskan hormon yang disebut adrenalin yang menyebabkan pernapasan Anda menjadi cepat dan denyut jantung serta tekanan darah meningkat.
 
Menurut sebuah penelitian terbaru, memiliki sikap positif terhadap kehidupan, menjaga pikiran Anda bebas dari stres, kecemasan. Bersantai sangat penting untuk membatasi tekanan darah dan menangkal hipertensi. Selanjutnya, meditasi membantu Anda untuk tidur lebih baik yang merupakan bagian restoratif kesehatan fisik.
 
5. Makan lebih banyak buah dan sayuran
Penelitian membuktikan bahwa diet kaya buah-buahan dan sayuran yang dikombinasikan dengan makanan susu rendah lemak secara signifikan menurunkan tekanan darah, terutama pada pasien dengan hipertensi.
 
Buah-buahan dan sayuran penuh dengan vitamin, mineral dan serat untuk menjaga tubuh Anda dalam kondisi baik.
 
6. Menurunkan berat badan
Orang gemuk memiliki peningkatan jaringan lemak yang meningkatkan resistensi pembuluh darah dan pada gilirannya meningkatkan kerja jantung. Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan bahkan 2-3 kg bisa menurunkan tekanan darah Anda. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu makan lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar. (*)