City Gas Akan Beroperasi di Pekanbaru

PEKANBARU (suaralira.com) - Tak lama lagi penerapan program city gas akan terealisasi di Kota Pekanbaru. Bila tak ada aral melintang pertengahan bulan September 2016 ini, masyarakat Kecamatan Limapuluh yang menjadi pilot project bisa menikmatinya. Dengan dialirinya city gas ke rumah-rumah, diharapkan masyarakat tidak perlu lagi mengandalkan gas elpiji.
 
Demikian disampaikan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus ST MT usai menggelar audisi bersama Pertamina Pertagas, dalam rangka pelaksanaan sistem jaringan gas ke rumah tangga. Dalam pertemuan yang diadakan itu, wako menyebut, saat ini di Kecamatan Limapuluh sudah dipasang instalasi jaringan gas sebanyak 3.731 rumah, melalui program Jargas (Jaringan Gas).
 
Dalam hal itu Pemerintah Kota Pekanbaru termasuk ke dalam Jarkot (Jaringan Kota), bahkan untuk tahun 2017 PT Pertagas Niaga akan menambah jaringan sebanyak 5.000 rumah lagi. Untuk itu PT Pertagas Niaga meminta kepada Pemko Pekanbaru membuat suatu terobosan ke Jakarta, sehingga permintaan yang dimaksud terpenuhi melalui surat yang disampaikan ke Dirjen Migas.
 
"Untuk tahap pertama pemasangan jaringan sudah selesai, sebenarnya untuk pengoperasian akan dilakukan pada Juli ini, tapi karena meteran yang namanya MRX belum terpenuhi lantaran barang impor, pengoperasian ditunda sampai pertengahan bulan September ini. Begitu meteran datang city gas sudah teraliri," kata wako.
 
City gas merupakan salah satu dari empat infra struktur dasar yang akan diwujudkan di Kota Pekanbaru, selain harga lebih murah dibanding gas elpiji pdalam penggunaanya juga lebih aman dan terjamin. Karena dengan pipa gas yang sudah teraliri ke rumah akan lebih mudah untuk dikontrol daripada menggunakan gas tabung elpiji.
 
Menurut Wako, Sumber Daya Manusia (SDM) ke depan menjadi modal utama dalam melakukan pembangunan di Pekanbaru. Untuk itu, masyarakat Pekanbaru diimbau mengubah pola pikirnya.
 
"Modal pembangunan yang kami harapkan tidak lagi dari ekplorasi SDA. Untuk itu, kami kembangkan SDM seperti menyediakan infrastruktur, mulai dari jalan, air bersih dan listrik. Kerjasama positif ini akan terus kita lakukan,” terang Wako.
 
Vira Yusita Sari, Manager City Gas PT Pertagas Niaga, mengatakan, pihaknya akan menyampaikan laporan ke wali kota terkait hasil kerja proyek pembangunan jaringan gas kota. "Kami mau lapor pembangunan jaringan gas kota sudah selesai Maret 2016," katanya. (adv/humas)