Riset Buktikan Konsumsi Alkohol Memicu Kanker pada 7 Bagian Tubuh Manusia

suaralira.com  - Kabar buruk bagi penggemar minuman keras, 7 jenis kanker pada tubuh manusia terbukti berhubungan dengan konsumsi alkohol. Kanker payudara termasuk di antaranya.

Fakta ini terungkap dalam sebuah penelitian di New Zealand yang dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Addiction. Ketujuh jenis kanker tersebut adalah kanker mulut dan kerongkongan, kanker laring, kanker esofagus, kanker hati, kanker usus besar, kanker lambung, dan kanker payudara.

"Ada bukti kuat bahwa alkohol menyebabkan kanker pda 7 bagian tubuh dan kemungkinan lainnya," tulis Dr Jennie Connor dalam kesimpulannya, dikutip dari NYdailynews, Minggu (24/7/2016).

Dalam laporan itu pula, Dr Connor menyebut alkohol bertanggung jawab pada sekitar 500 ribu kematian akibat kanker pada 2012. Angka tersebut diperkirakan mewakili 5,8 persen kematian akibat kanker di seluruh dunia.

Terkait dengan kanker payudara, sebuah penelitian di jurnal Plos One menyebut alkohol bisa meningkatkan respons hormon esterogen terhadap pertumbuhan sel-sel kanker. Konsumsi alkohol disebut juga bertanggung jawab atas berkurangnya efek dari obat-obatan kemoterapi.

Sedangkan terkait dengan kanker hati, konsumsi alkohol berlebihan berhubungan dengan perlemakan hati. Dalam jangka panjang, kondisi ini meningkatkan risiko sirosis atau pengerasan hati yang kadang-kadang berkembang menjadi kanker.