Seorang Pria Ditembak Mati Polisi Kenya

NAIROBI, SUARALIRA.com - Seorang polisi ditikam di luar gedung Kedutaan Besar Amerika Serikat yang ada di Nairobi, Kenya. Pelakunya yang bersenjatakan pisau akhirnya tewas ditembak oleh polisi Kenya. 
 
"Pria itu ditembak setelah menikam seorang polisi GSU di bagian tangan dan membuatnya terluka," tutur Kepala Kepolisian setempat, Vitalis Otieno, seperti dilansir AFP, Jumat (28/10/2016). GSU merupakan kependekan dari General Services Unit yang dikerahkan untuk mengawal kedutaan asing.
 
Polisi yang menjadi korban penikaman dilaporkan dalam kondisi baik di rumah sakit setempat. Tidak disebut lebih lanjut identitas polisi itu.
 
Sedangkan pelaku penusukan, sebut Otieno, diidentifikasi sebagai seorang pria berusia 24 tahun yang berasal dari Wajir, Kenya, dekat perbatasan Somalia. Identitas pelaku yang tewas itu tidak dirilis ke publik.
 
Dituturkan kepolisian setempat, pelaku berjalan mendekati kantor Kedubes AS dan berdiri di dekat pintu masuk umum yang ada di bagian visa, sebelum akhirnya berusaha merampas pistol dari salah satu polisi yang bertugas di lokasi. 
 
Pergulatan pun terjadi antara pelaku dengan salah satu polisi. Tiba-tiba pelaku mengeluarkan pisau dan menikam polisi itu, sebelum akhirnya ditembak di kepala oleh polisi lainnya. 
 
Sebuah foto yang beredar di media sosial menunjukkan jasad seorang pria yang diduga keturunan Somalia, tergeletak di trotoar. Darah berlumuran di kepalanya dan pria itu dikelilingi polisi. 
 
Motif pelaku dalam insiden ini belum diketahui pasti. Kepolisian setempat menyatakan penyelidikan masih terus berlangsung. "Kami tengah menyelidiki untuk mengetahui apakah ada kaki tangan lainnya, dan apakah pelaku dikirim oleh orang lain, agar kami bisa segera menangkap mereka," tutur Otieno. 
 
Kedubes AS di Nairobi terletak berseberangan dengan kompleks PBB di Gigiri, kawasan yang terkenal bagi kalangan ekspatriat. (dtc/sl)