Polda Riau dan Polisi Diraja Malaysia Tingkatkan Kerjasama

PEKANBARU (suaralira.com) - Dalam upaya meningkatkan pengawasan di wilayah Perairan Selat Malaka ataupun Perairan Perbatasan NKRI dan Malaysia, Ditpolair Polda Riau dan Marine Polisi Diraja Malaysia tingkatkan kerjasama. 
 
Senin (21/11/16) siang, dua institusi penegak hukum tersebut bersama-sama melakukan peninjauan di Perairan Gosong Robroy Selat Malaka Kordinat 1 derajat 54'00"LU-102 derajat 02'10"BT, sekaligus pertemuan khususnya dalam pengawasan dan penegahan tindak pidana penyelundupan barang ke wilayah NKRI maupun Malaysia. 
 
Dalam pertemuan kerjasama ditandai dengan penandatanganan kesepakatan ini, dari Kepolisian Diaraja Malaysia dihadiri Kepala Marine Wilayah Dua Johor Malasysia ACP Poul Khiu Khon Chang didampingi ASP Nordin Ketua Polisi Marine Muar. Sedangkan dari Ditpolair Polda Riau dihadiri Wakil Direktur Polair Polda Riau AKBP Iknatius Suprapto, Dirt Pol Air Polda Riau, AKBP Muji Suprianto, Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono dan Kasat Polair. 
 
ACP Poul Khiu Khon Chang mengapresiasi dengan Pol Air Polda Riau. Adanya kerjasama dengan baik ‎ini diharapkan membuahkan hasil yang amat berguna untuk kesejahteraan kedua rakyat baik di Indonesia dan Malaysia. 
 
"Saya memberi contoh seperti aktivitas penyeludupan narkoba, dan ditangani secara bersama-sama yaitu melalui kerjasama patroli dan kerjasama yang lain," ungkapnya. Wakil Direktur Pol Air Polda Riau AKBP Iknatius Suprapto kepada sejumlah wartawan menyampaikan dengan banyaknya tindak pidana yang dilakukan karena mudahnya akses transportasi antara Malaysia dengan Indonesia yang hanya beberapa jam bisa sampai ke tujuan. 
 
"Selain traficking, yang menjadi antisipasi adalah penyeludupan narkoba. Beberapa waktu lalu juga sudah berhasil menangkap, dan masalah ini akan dikembangkan dan kerjasama dalam pelaksanaan tugas ini kita akan lebih mudah dengan akses - akses apa yang kita perlukan agar saling mendukung antara Malaysia dan Indonesia," paparnya. 
 
Pertemuan ini, Ditpolair Polda Riau juga sekaligus menyerahkan speedboat Tiger Johor yang dicuri dan masuk wilayah Bengkalis beberapa waktu lalu berhasil diamankan petugas. RT/sr