Konsumsi Minyak Zaitun Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara

SUARALIRA.com - Minyak zaitun memang sudah dikenal sangat bermanfaat untuk kulit, tapi ternyata minyak zaitun memiliki manfaat lain, yaitu untuk mencegah kanker payudara. Penelitian di Spanyol menemukan, bahwa dengan mengonsumsi empat sendok minyak zaitun sehari bisa kurangi risiko terkena kanker payudara.
 
Dalam penelitian ini, sebanyak 4200 perempuan berumur 60 sampai 80 tahun dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing mendapatkan menu diet Mediterania yang berbeda, yang pertama ditambahkan minyak zaitun, yang kedua ditambahkan kacang-kacangan dan yang terakhir diet rendah lemak. Diet Mediterania sendiri terdiri dari buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, ikan dan juga daging.
 
Dalam pemeriksaan lanjutan setelah lima tahun, ditemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi diet Mediterania yang ditambahkan empat sendok minyak zaitun berisiko 68% lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Empat sendok minyak zaitun ini ditambahkan dalam salad, roti dan juga digunakan untuk memasak.
 
Terbukti, empat sendok minyak zaitun bisa kurangi risiko kanker payudara, tapi bagaimana cara kerjanya?
 
Dr. Miguel Angel Martines-Gonzales, peneliti dari University of Navarra, Spanyol, mengatakan, zat-zat yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mencegah berkembangnya sel kanker dan juga mematikan sel-sel yang tidak normal.
 
Cara lain untuk mengurangi risiko kanker payudara adalah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, mengurangi minuman beralkohol, tidak merokok dan rutin melakukan pemeriksaan kanker payudara yang direkomendasikan oleh dokter, baik SADARI maupun mammografi.
 
(kps/sl)