Bupati Bengkalis Hadiri Peresmian Jembatan Siak IV

BENGKALIS-RIAU, Suaralira.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin menghadiri acara peresmian jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah yang diresmikan secara langsung oleh Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim di Jembatan Siak IV, Pekanbaru Provinsi Riau, Kamis (14/2/2019) pagi.

Peresmian jembatan sepanjang 800 meter ini, sempat tertunda beberapa saat, karena hujan. Jembatan yang merupakan penghubung ekonomi masyarakat ini juga sebagai penghubung jalur transportasi antara Kecamatan Senapelan dan Rumbai Pesisir, dengan biaya pembangunan pada T.A 2019 sebesar Rp.9.396.062.016,29,-.Pada T.A 2010 sebesar Rp.16.938.180.631,30,-.Selanjutnya pada kontrak tahun Jamak (2010-2013) dengan nilai Rp. 348.138.463.522,00. Dan dilanjutkan dengan kontrak multiyears (2017-2018) sebesar Rp. 109.218.379.982,12.

Terlihat hadir mendampingi Bupati Bengkalis, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bengkalis Hadi Prasetyo dan Kasubbag Protokoler Bagian Umum Setda Kabupaten Bengkalis Syafrizal.

Untuk diketahui, nama jembatan Siak IV ini diambil dari nama yang Sultan keempat dari Kerajaan Siak atau ayah dari Marhum Pekan, Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit yang juga dikenal dengan nama Sultan Alam, atau Tengku Alam atau Raja Alam, ia memindahkan Kerajaan Siak dari Mempura ke Bukit Senapelan (Kampung Bukit) yakni pada tahun 1762. Makam Marhum Bukit sendiri berada dikomplek pemakaman Marhum Pekan yang berada disamping Masjid Raya Pekanbaru di Kecamatan Senapelan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Riau menjelaskan, jembatan ini menjadi penghubung ekonomi rakyat, keberadaan jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah ini akan menjadi ikon baru di Kota Pekanbaru, didukung sejarah dan keindahan sungai Siak / Jantan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengungkapkan rasa syukur sekaligus bangga dengan salah satu icon Provinsi Riau tersebut. "Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami mengucapkan selamat atas peresmian dan pemakaian jembatan Siak IV, jika akses jalan lancar, maka aktifitas warga juga akan lancar dan ini akan berimbas pada peningkatan perekonomian warga,” ucap Amril seraya berharap agar masyarakat dapat menjaga dengan baik fasilitas yang telah dibangun oleh pemerintah tersebu.***(ye/hb)