Februari 2020, 56 Desa Akan Gelar Pilkades

CURUP - REJANG LEBONG (BENGKULU), Suaralira.com -- Sebanyak 56 Kepala Desa di wilayah Kabupaten Rejang Lebong akan segera berakhir masa jabatannya, bahkan sebanyak 26 kepala desa telah berakhir masa jabatanya yakni pada bulan Agustus sampai 6 September 2019. 
 
Sedangkan sebanyak 30 kepala desa lainya masa jabatanya akan berakhir pertengahan September 2019 hingga Januari 2020.
 
Diungkapkan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) RL Ahmed Chalid melalui Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat Sosbud dan Pemerintahan Desa Bobby Harpa Santana Msi, dengan berakhir dan akan berakhirnya jabatan Kepala Desa ini, Pemda RL merencanakan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa pada bulan Februari 2020.
 
“Untuk 8 desa yang masa jabatanya berakhi pada bulan Agustus 2019, kita sudah usulkan nama-nama Penjabat Kepala desa kepada Bupati, saat ini usulan tersebut sudah masuk kebagian hukum Seketariat Daerah.
 
Penunjukan Penjabat ini  berasal dari ASN untuk menjalankan roda Pemerintahan Desa. 
 
Bagi desa-desa lain yang jabatan kadesnya sudah berakhir dan berakhir akan kita usulkan juga Pejabatnya kepada Bupati,” ujar Bobby.
 
Ditambahkan Bobby, untuk pelaksanaan Pilkades yang rencananya akan dilakukan pada bulan Febuari 2020, Dinas PMD telah meminta kepada Badan Permusyawaratan Desa untuk mulai pembentukan panitia pemilihan kades di desanya.
 
“Ditahun 2019 ini akan kita lakukan bimbingan teknis kepada panitia pilkades yang sudah terbentuk,” kata Bobby.
 
Dilanjutkan Bobby, 8 desa yang nama nama Penjabat Kepala Desa yang telah diusulkan yakni Desa Lawang Agung, Desa Tanjung Heran,Desa Karang Pinang,Desa Air Nau di kecamatan Sindang Beliti Ulu.
 
Desa Duku Ulu, Desa Duku Ilir, Desa Kesambe Lama di kecamatan Curup Timur Serta Desa Air Apau di Kecamatan Bindurian.
 
“Mudah-mudahan dalam waktu dekat pelantikan Penjabat Kades ini bisa dilakukan ujar Bobby.
 
46 Desa lainya yang masa jabatanya kepala desanya segera berakhir dan akan melaksanakan Pilkades serentak tahun 2020 yakni Desa Lubuk Belimbing 1, Desa Lubuk Belimbing 2, Sari Pulau, Suka Karya di kecamatan Sindang Beliti Ilir. 
 
Di kecamatan Selupu Rejang Pilkades akan dilaksanakan didesa APK Bandung, Air Meles Atas, Cawang Lama,Kampung Baru dan Deaa Kali Padang. 
 
Di Kecamatan Curup Utara pilkades dilaksanakan  Didesa Dusun Sawah, Suka Datang, Kota Pagu dan Seguring.
 
Di kecamatan Bermani Ulu Raya Pilkades serentak dilaksanakan Didesa Baru Manis, Sentral Baru, Kampung Sajad, Suka Rami, Pagar Gunung, Selamet Sudiarjo,Tebat Pulau, Bandung Marga, Pal 100, Pal VII, Babakan Baru, Air Mundu.
 
Di kecamatan Curup Selatan pilkades serentak dilaksanakan Didesa Tanjung Dalam, Lubuk Ubar, Puguk Lalang, Air Lanang. 
 
Di Kecamatan Sindang Kelingi Pilkades dilaksanakan Didesa Kayu Manis, Belitar Seberang, Belitar Muka, Air Dingin. 
 
Di Kecamatan Sindang Dataran pilkades diikuti Desa Air Rusa.
 
Di Kecamatan Kota Padang, Pilkades diikuti Desa Derati, Taba Anyar, Kota Padang Baru, Tanjung Gelang, Durian Mas.
 
Di kecamatan PUT pilkades diikuti Desa Tanjung Gelang 1 dan 2, Dewa Air Merah, Belumai I, Kasie Kasubun. 
 
Di kecamatan SBU Pilkades diikuti desa Tanjung Agung.
 
Di kecamatan SBI diikuti desa Lubuk Bingi Baru dan di kecamatan Binduriang diikuti Desa Taba Padang dan Desa Kepala Curup. (HD/RL/SL)