Angin Dengan Kecepatan 21,4 KM/Jam Terjang Kepahiang

Kepahiang (Bengkulu), Suaralira.com -- Angin Kencang kembali menerjang Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Minggu, 04 April 2021 sekira pukul 12.40 WIB.
 
Dikatakan Observator BMKG Kelas III Stasiun Geofisika Kepahiang, Ermawati S Sos, angin kencang ini memiliki kecepatan sebesar 11.6 Knot atau 21,4 kilo meter per jam yang berlangsung lumayan lama.
 
Lebih lanjut dikatakan, selama empat hari dalam bulan April ini sudah terjadi beberapa kali angin kencang menerjang wilayah Kecamatan Kepahiang.
 
“Angin kencang tertinggi terjadi kemarin Sabtu 03 April 2021 dengan kecepatan angin 14.8 Knot,” lanjutnya.
 
Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Kepahiang, Ir Taufik melalui Kabid Pencegahan dan Siap Siaga BPBD Kepahiang, Zamakhsyari mengatakan, tindakan yang dapat diambil saat ini yakni memberi himbauan terhadap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan terjadinya bencana alam.
 
“Khusus untuk angin kencang, tindakan yang kita ambil mungkin menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terkait bencana alam yang mungkin saja terjadi akibat cuaca yang tidak menentu akhir – akhir ini. Karena kalau angin kencang ini, termasuk bencana yang disebabkan oleh faktor alam. Jadi kita tidak mencegahnya”, kata Zamakhsyari.
 
Sementara itu, Ketua Kepahiang Rescue, Irawan Karnadi yang dikonfirmasi terkait angin kencang yang terjadi mengatakan, pihaknya akan terus memantau beberapa titik yang kemungkinan terdampak.
 
“Saat ini saya terus berkoordinasi dengan anggota yang lain. Untuk pantauan kejadian di titik – titik rawan bencana akibat adanya angin kencang,” pungkas Irawana. (Herwan/sl)