Memotivasi Peternak Kambing, Babinsa Koramil 01/Rengat Turun Kelapangan

Rengat-Inhu (Riau), Suaralira.com -- Babinsa Koramil 01/Rengat Serda Dodi Guatian melaksanakan pendampingan kepada bapak Aprizal pemilik peternakan kambing yang sedang menerapkan banyak program penggemukan, di Desa Pulau Jum, at  Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Sabtu 8 Mei 2021.
 
Sebagaimana diketahui, kambing merupakan hewan ternak yang memiliki keuntungan yang banyak. Dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi dan bernilai baik. Terlebih pada hari besar Islam Idul Adha/lebaran Haji harga kambing dapat meningkat dan memiliki harga jual yang sangat tinggi, karena banyak dibutuhkan untuk berqurban.
 
Serda Dodi Guatian mengatakan, perawatan dan pemeliharaan kambing memang gampang-gampang susah. Namun untuk lokasi desa atau perkampungan, memelihara kambing memiliki banyak kemudahan, karena di kampung masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai pakan    ternak terangnya.
 
“Manfaat limbah kotoran kambing dapat digunakan untuk pupuk pertanian yang sangat baik bagi kesuburan tanah, sehingga dapat membantu meningkatkan usaha pertanian,” lanjut Sersan dodi.
 
Aprizal menambahkan, Kambing sangat mudah dijual belikan kepada agen maupun pasar. Terlebih apabila kita memiliki ternak kambing yang kualitasnya sehat dan gemuk-gemuk. Pembeli akan datang dengan sendiri.
 
“Saya ucapkan terimakasih kepada pak babinsa yang telah memberikan motivasinya kepada kami, mudah-mudahan dengan kehadirannya babinsa dapat memberikan semangat peternak lainnya,” pungkas pak Aprizal. (prs/sl)