BMKG Japura Inhu Sudah Masukin Fase Curah Hujan Prediksikan Terjadi Puncak Bulan Oktober, KPBD Tetap Siaga

INHU, Suaralira.com -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengungkapkan kondisi cuaca untuk Kabupaten Indragiri Hulu (INHU) sudah memasuki fase curah hujan, yang nantinya pada bulan September pada pertengahan.
 
Demikian dikatakan oleh Selamat dari BMKG Japura saat dihubungi media whatsap oleh suaralira.com Rabu (35/8/2021). Dikatakan juga untuk beberapa hari ini Inhu berpotensi adanya curah hujan, "katanya.
 
"Dilanjutkannya, diperkirakan akan mengalami curah hujan yang tinggi akan dialami sekitar bukan Agustus dibandingkan pada bulan September, sementara untuk puncak curah hujan tersebut diperkirakan pada bulan Oktober". Tambahnya. 
 
Ditempat terpisah saat ditemui Kakan KPBD Inhu Ergusfian oleh Suaralira.com, Rabu (25/8/2021) diruang kerjanya terkait curah hujan dalam beberapa hari ini yang akan berpotensi banjir, dikatakanya dalam beberapa hari ini memang curah hujan memang hampir setiap hari, akan tetapi debit air belum mengalami kebaikkan yang signifikan, "ucapnya.
 
"Dilanjutkannya, kalau berdasarkan anggotanya dilapangan Semalam, debit air di Kecamatan peranap turun 1 meter, sementara untuk debit air Indragiri 5,46 meter penyusutan 38 cm dari sebelumnya 5,84 meter hari ini 5,46," Terangnya. 
 
Dengan kondisi curah Hujan yang hampir setiap hari dan kondisi air sungai Indragiri juga terjadi Penurunan, akan tetapi pihak KPBD Inhu tetap siaga karena melihat cuaca yang mendung terus. Anggota kita dilapangan tetap selalu siaga dan waspada kalau curah hujan tinggi dan deras, "tutupnya. (pras/sl)