Presiden Corpoorate Affairs PT. Pertamina ke Kuansing

Sambangi LAMR Kuansing, ini yg dibahas Presiden Corpoorate Affairs PT. Pertamina

Teluk Kuantan - Vice President Corpoorate Affairs PT. Pertamina Hulu Rokan Sukamto Thamrin dan Rombongan sambangi Kantor Lembaga adat Melayu Riau Kabupaten Kuantan Singingi Minggu (30/1/2022).
 
Tepat pukul 10.00 WIB, Presiden Corpoorate affair PT. Pertamina Hulu Rokan Sukamto Thamrin beserta rombongan sampai dikantor LAMR Kuansing disambut langsung oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat dan Depan Pimpinan Harian  Riau kabupaten Kuantan Singingi Datuk seri Pebri Mahmud didampingi DPH dan DKA Serta  jajaran kepengurusan LAM Riau Kuansing
 
Adapun tujuan dalam kunjungan tersebut selain membangun hubungan Siraturahmi juga meninjau lokasi rencana pembangunan Kantor LAM Riau Kuansing, yang berada di sebelah kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip jalan Abdul Rauf sungai jering  diatas tanah 13.000 Meter persegi.
 
Alhamdulih berkat kemurahan Hati Vice Presiden corpoorate  Affair PT Pertamina Hulu Rokan Sukamto Thamrin beserta rombongan datang memenuhi undangan Kami dari LAMR Kuansing. ujar Ketua MKA Datuk Seri Pebri Mahmud
 
LAMR Kuansing sudah berdiri semenjak  tahun 2002, dan pada Tahun 2019, di amatkan kepada saya menjadi ketua Umum Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Kabupaten Kuantan Singingi, terhitung dari tahun 2019- sampai saat ini LAMR Kuansing Masih banyak keterbatasan, LAMR Kuasing belum memili kantor yang tetap, inipun status kantor yang kita gunakan masih dalam status sewa. Ujar Datuk Seri Pebri Mahmud. Sedang tingkat kesibukan setiap hari kantor Sekretariat LAM Riau ini semakin meningkat  menerima tamu dan melayani segala macam pengaduan dan konflik adat baik pengaduan persisilihan kampung, tanah warisan, dan Masalah hukum, jadi kantor LAMR Kuasing ini tidak pernah sepi, dan setiap hari buka walaupun hari Minggu dan hari libur.
 
Dari tahun 2019 LAM R Kuasing belum ada mendapatkan fasilitas  dari pemerintah, tapi Keberadaan LAM Kuansing tetap berjalan, dan sampai hari ini dari pemerintah belum menemukan formulasi yang tepat dalam pemberdayaan Lembaga Adat dan Pemangku Adat, sehingga kaum adat pasti terpinggirkan. Oleh karenanya target kita sampai periode kepengurusan ini berakhir Tahun 2024 antara pemerintah dan Lembaga Adat sudah menemukan pola yang tepat dalam pemberdayaan adat. Karena kompleksitaa persoalan yang dihadapi pemangku adat dan masyarakat adat, maka kearifan lokal yang selama ini terpendam kita bangkitkan kembali cetus Pebri.
 
Untuk kerjasama kita sudah melakukan dengan berbagai instansi dan lembaga untuk kerjasama baik dari kepolisan maupun dari kementrian Agama, dari pihak kepolisian seperti tindakan pidana ringan seperti konflik cucu kemenakan, warisan dan konflik kampung untuk dapat diselesaikan secara adat, dari kementrian agama kita juga sudah menandatangani MOU untuk calon pengantin memberikan arahan dan tunjuk ajar adat, paparnya.
 
Pada Tahun 2020 kemarin secara resmi kita juga sudah mengajukan kepada pemerintah atau kepada Bupati permintaan pembangunan Balai Adat Melayu kuantan Singingi sebagai pusat kegiatan adat, dan alhamdulilah Pemda Kuansing sangat merespon apa yang kita usulkan, tahun 2021 sudah selesai  dokumen perencanaan yang yang sudah disusun oleh konsultan melalui Dinas PUPR yang didalamnya ada berbagai fasilitas selain bangunan adat juga ada gerai UMKM, Musolah  juga dilengkapi parkir yang luas pangkas Pebri.
  
 
Vice President Corpoorate Affairs PT. Pertamina Hulu Rokan Sukamto Thamrin ketika diminta untuk memberikan masukan dan arahannya mengatakan bahwa Pertamina program CSR nya fokus pada Pemberdayaan Adat dan Budaya, UMKM dan Lingkungan. Kita kan membawa usulan LAMR Kuantan Singingki ke tingkat direksi dalam rapat pemograman CSR PT. Pertamina Hulu Rokan, kapan perlu kita akan sampaikan ke Persero.Terakhir acara dilanjutkan peninjauan lokasi perencanaan pembangunan gedung LAMR Kuansing, dan peninjauan UMKM pembuatan Batik Kuansing didua tempat serta penanaman pohon Bantuan Bibit dari DLHK Provinsi Riau  secara simbolis oleh presiden PT Pertamina Sukamto Thamrin diikuti dengan ketua MKA Datuk Seri Febri Mahmud serta rombongan Masyarakat Perduli Polhut dan diakhiri makan siang serta menikmati Khas Kopi Cerenti Taluk Kuantan.