Diskominfotik Meranti Lakukan Penandatanganan MoM Dengan PT Telkom

Suaralira.com, Meranti -- Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotik) Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan penandatanganan Minutes of Meeting (MoM) dengan PT Telkom, bertempat di Gedung Graha Merah Putih, Pekanbaru, Kamis (2/6/2022). 
 
Penandatanganan MoM dilakukan oleh pihak PT Telkom yakni GM Eitel Ridar, Agung Tri Cahyono dan Plt Kepala Diskominfotik Kepulauan Meranti, Muhlisin SKom didampingi Kabid Aptika Diskominfotik, Amat Safii MKom.
 
Plt Kepala Diskominfotik Kepulauan Meranti, Muhlisin mengungkapkan bahwa adapun tujuan dari penandatanganan MoM tersebut adalah Telkom sebagai supporting system dalam pengelolaan data, manfaat program ini adalah untuk meningkatkan akuntabilitas pemerintah, mempermudah publik untuk mengakses atau menggunakan data, menghasilkan pemerintahan yang transparan serta mendukung kebijakan pemerintah dalam mensukseskan visi misi kabupaten.
 
"Pemda menggandeng PT Telkom sebagai supporting system digitalisasi melalui platform satu data yang berintegrasi terhadap data-data antar OPD (organisasi perangkat daerah)," ungkapnya. 
 
Dijelaskanya, untuk tahap awal integrasi serta pengolahan data pada OPD antara lain, data Diskominfo, data Dinas Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Bappedalitbang dan dinas PU. 
 
"Enam OPD tersebut menjadi sumber data utama pada tahap awal ini, nanti setelah program ini berjalan kita akan lihat hasil analisis yang nantinya bisa menjadi justif dalam menentukan prioritas pembangunan serta pemda akan mudah dalam menyusun strategi pelaksanaan pembangunan. Hasil dari analisis data secara digital ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi legislatif (DPRD)," pungkasnya. (Sang/sl)