Sertifikasi Kompetensi di Bidang Pers Diikuti Bhabinkamtibmas Wilayah Hukum Polres Pesawaran

Suaralira.com, Pesawaran (Lampung) - Sertifikasi/ Uji Kompetensi Wartawan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui LSP Pers Indonesia mulai diterima berbagai pihak di wilayah Indonesia. Salah satu institusi yang menerima kehadiran Sertifikasi Kompetensi Wartawan BNSP via LSP Pers Indonesia  adalah Polri. 
 
Hal tersebut tampak dengan suksesnya penyelenggaraan sertifikasi kompetensi di bidang pers yang diikuti Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Pesawaran, Polda Lampung pada 19-20 Oktober 2022.
 
Uji Kompetensi Profesi Pers dan Pelatihan Citizen Jounarlism Bhabinkamtibmas se- Polres Pesawaran digelar oleh Polres Pesawaran, Cybers Academy, SPRI dan LSP Pers Indonesia sebagai lembaga penguji di Sanggar Kegiatan Bersama (SKB) Dusun Dam C, Desa Wiyono, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung 
 
Kabid humas Polda Lampung, Kombespol Zahwani Pandra Arsyad diwakili Kasubbid Penmas, AKBP Rahmat Hidayat, mengatakan, kegiatan uji kompetensi ini bertujuan untuk rekan-rekan Polri bekerja di dunia digital.
 
"Jadi rekan-rekan Bhabinkamtibmas kita dapat mempublikasikan kegiatan mereka di tengah masyarakat," kata Hidayat.
 
Karena menurutnya, banyak kegiatan Polri yang bersentuhan langsung di tengah masyarakat yang memang perlu dipublikasikan.
 
"Dengan begitu kita bisa mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan rekan-rekan Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat, karena memang banyak sekali kegiatan mereka di bidang sosial maupun kesehatan," ujarnya.
 
Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Kadis Kominfo, Jayadi Yasa mengatakan, saat ini pembaca media digital sudah lebih banyak dari pada media cetak. Karena dengan disrupsi teknologi, industri media massa mau tidak mau harus bertransformasi dan terus beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi digital.
 
"Penyelenggaraan pelatihan semacam ini merupakan salah satu langkah yang tepat guna mempersiapkan Wartawan Reporter yang professional dan pelatihan ini tentunya mempunyai tujuan untuk meningkatkan keterampilan digital para reporter media berita dan media pemerintah dalam proses merencanakan, membuat dan mendiseminasikan berita di berbagai platform media digital," Ujarnya.
 
Dirinya berharap, publikasi berita yang mewarnai media-media digital semakin tertib memenuhi standar, kaidah dan etika jurnalistik di media digital, serta memenuhi standar keamanan informasi digital.
 
"Oleh karena itu, saya menyambut baik dan mendukung Pelatihan ini sebagai jembatan menuju dunia pers dan jurnalistik yang cerdas, obyektif, berdedikasi dan memiliki komitmen terhadap kemajuan di bidangnya," pungkasnya.
 
Diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut, Dirbinmas Polda Lampung diwakili Kasubdit Bin Polsus Satpam, AKBP Feriwanto, Kapolres Pesawaran diwakili Kabag Ops, Kompol Maryanto, CEO media guetilang.com, Dedi Yulianto, Direktur guetilang.com, Cepu Supriyanto.
 
Hadir juga sebagai Penguji (Asesor) LSP Pers Indonesia berlisensi BNSP, Wesly H Sihombing, Iptu Matera, Kasat Binmas Polres Pesawaran, AKP Yani Devi Yant,i Kasat Binmas Polres Lamsel, AKP Darwin, Kasi Humas Polres Pesawaran, Kasi Humas Polres Tanggamus, Iptu Yusuf, Kasi Humas Polres Lampung Selatan, AKP Agusdianto dan Para Bhabinkamtibmas Polres Pesawaran. 
 
Perlu diketahui, sebelum mengikuti uji kompetensi, para peserta dari Bhabinkamtibmas dilatih oleh pemateri dari Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) pada beberapa bulan lalu. Materi pelatihan menggunakan modul dan silabus berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Khusus (SKKK).
 
Para peserta juga mengakses pendalaman materi diklat jurnalistik melalui akses tayangan digital yang tersedia di aplikasi Cybers Academi dengan pelatih dan materi dari SPRI. Peserta juga diberi fasilitas praktek lapangan di media Guetilang.com dan ikut ujian setelah pelatihan dan praktek. Hasil ujian diberi sertifikat dan memenuhi syarat untuk ikut sertifikasi di LSP Pers Indonesia dengan metode observasi.  (Zha/St/sl)