Babinsa Sambangi Peternak Sapi Untuk Sosialisasikan PMK, Ini Penjelasanya

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Untuk Mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi, Babinsa sosialisasikan kepada warga binaannya yang memiliki ternak sapi di Desa Sungai Dawu Kecamatan Rengat Barat, Kamis (10/11/22).
 
Melalui kegiatan ini Babinsa tidak bosannya untuk mengingatkan warga binaannya tentang penyakit Mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi di Desa Sungai Dawu Kecamatan Rengat Barat.
 
Dalam kesempatan tersebut Babinsa juga memberikan himbauan kepada warga yang mempunyai ternak sapi agar tetap memelihara hewan ternak yang baik dengan cara selalu menjaga kesehatan ternak, kebersihan kandang dan memberikan makan ternak secara rutin yanng cukup.
 
Babinsa juga menyampaikan kepada para warga binaan yang mempunyai ternak tentang ciri-ciri dan gejala hewan yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK),seperti : 
1.  Ternak demam tinggi
2. Keluar air liur yang berlenihan atau hiversalivasi
3. Pelepuhan di bagian gusi, lidah, dan mulut ternak yang terlihat seperti sariawan.
4.Kuku kaki terlihat nodul dan terluka.
5. Mengalami kepincangan kaki karena kuku terkelupas.
 
"Apabila ada ciri di atas ada pada ternak maka segera menghubungi atau melaporkan kepada Kepala Desa, Babinsa atau kepada dokter hewan, guna mendapat penanganan lebih lanjut, agar tidak meluas di tempat kita," Terang Babiinsa. (P4as/sl)