Bupati Inhu Buka Lomba Masak yang Digelar oleh Distankan Inhu

Suaralira.com, INHU – Kegiatan Lomba masak serba ikan lokal tingkat Kabupaten Indragiru Hulu yang ditaja oleh Dinas Pertanian dan Perikanan ( Distankan ) Pemerintah Inhu bekerjasama dengan Tim penggerak PKK Inhu yang di pusatkan di halaman kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu, Rabu (20/9/2023).
 
Lomba menu masakan serba ikan lokal  tingkat Kabupaten Inhu langsung dibuka oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE diwakilkan Staf ahli bidang Pemerintahan dan Kesra, Evi Irma Junita.
 
Selain itu juga langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Dedi Dianto SP, Ketua PKK Kabupaten Inhu, Hj Risma Agustina Junaidi, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Kepala Badan, Kepala Kantor Camat se Inhu,Ketua BKMT Inhu, Hj Juriah dan peserta lomba dari 14 Kecamatan yang ada di Indragiri Hulu. 
 
Masak serba ikan ada kategori yang di perlombakan antara lain kategori menu balita, kategori menu keluarga dan lomba kategori menu kudapan, dimana lomba tersebut  juara umum  diraih oleh peserta penggerak PKK dari Kecamatan Pasir Penyu sementara juara dua peserta lomba dari Kecamatan Sei Lala
Sementara untuk dewan juri penilai lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Inhu tahun 2023 ini didatangkan dari Pekanbaru, SMKN 01 Pasir Penyu dan dari ahli gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu
 
Tim juri Chef Marwan kepada awak media mengatakan, bahwa salah satu penilaian bukan menunya cantik dan bagus akan tetapi kriteria  lomba masak serba ikan ini dinilai bahannya  terutama harus lebih banyak di tonjolkan  kadar ikannya
 
“selain itu , yang terutama adalah tidak memakai bahan dari luar negeri, penyajian terlalu ramai dan padat, menunya sedikit tapi menarik serta cita rasanya enak dengan menggunakan bahan lokal, tidak bahan luar ,”paparnya.
 
Sementara Dedi Dianto.SP Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu, Dedi Dianto SP kepada awak media juga mengucapkqn selamat kepada pemenang lomba meraih juara umum tentunya juara umum nantinya untuk dapat mewakili Kabupaten Inhu  lomba masak serba ikan di tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 kedepanya. 
 
Tidak hanya itu lomba masak serba ikan lokal tersebut untuk dapat menyebar luaskan informasi tentang kandungan dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak sekaligus memperkenalkan ragam menu dan masakan berbahan baku ikan"katanya.
 
Diminta nantinya masyarakat luas dapat untuk  meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan khususnya ikan lokal dan lomba ini diutamakan pada spesifik ikan lokal seperti ikan patin ikan nila dan ikan gurami dan lainya. 
 
“menurutnya kategorii yang disampaikan diantara menu keluarga bahan dasar ikan patin, menu balita dan menu kudapan atau snack dari bahan  ikan potensi daerah ikan yang ada di Kabupaten indragiri Hulu,”bukan ikan luar "sebutnya.
 
Pada kesempatan tersebut Ketua  PKK Kabupaten Inhu, Hj Risma Agustina Junaidi juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Inhu Dinas Pertanian dan Perikanan menyelenggarakan kegiatan lomba menu serba ikan.
 
Dikatakanya bahwa kandungan ikan sangatlah tinggi omega untuk meningkatkan gizi kehidupan  anak  dalam pembentukan kualitas sumber daya manusia yang produktif dan pencegahan stunting dengan mempunyai kekebalan dan daya tahan tubuh sangat kuat. Maka dari itu dengan kegiatan lomba ini  berharap ibu-ibu kader PKK mulai dari Kabupaten,Kecamatan, Kelurahan dan desa bisa mempromosikan serta  membuat menu-menu baru yakni menu serba ikan."ungkapnya.
 
Sambutan dari Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi yang diwakilkan  Staf ahli bidang Pemerintahan dan Kesra, Evi Irma Junita  menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pertanian dan Perikanan program kegiatan lomba masak serba ikan lokal dengan tema ” Masakan ikan untuk mengatasi stunting menyehatkan  dan mencerdaskan”.katanya.
 
Sesuai dengan tema tersebut  artinya kita harus berkomitmen untuk terus diupayakan Pemerintah daerah dalam mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Inhu dengan cara agar  seluruh  masyarakat  membudayakan mengkonsumsi ikan terlebih untuk anak."ucapnya
 
Kegiatan lomba  ini mampu memotivasi sekaligus menjadi wahana edukatif bagi para Ibu ibu baik peserta maupun pengunjung, apalagi pemerintah Inhu saat ini mencanangkan  gerakan transisi PAUD ke SD  yang menyenangkan."terangnya
 
“Bersama ini Mari kita semua untuk sukseskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan semoga ini dapat terus berlanjut untuk menciptakan suasana belajar yang positif,”ajaknya.(Prasetyo/sl)