Peduli Kesehatan Hewan Ternak Warga, Babinsa Lakukan Pemantauan Langsung ke Kandang

Suaralira.com, Rengat - Guna untuk mengantisipasi timbulnya kerugian peternak di wilayah binaan yang diakibatkan kematian hewan ternak karena terserang virus PMK,anggota koramil 01/Rengat Peltu Erwinuddin pada Jumat(20/10/2023)di Kelurahan Kampung Dagang,melaksanakan pemantauan kondisi kandang maupun kesehatan hewan ternak milik warga nya.
 
Upaya kegiatan pemantauan dan pengecekan langsung kekandang guna mengetahui langsung Kondisi hewan ternak dan kandang,karena dengan kita terjun langsung ke peternak,kita bisa mengetahui pasti situasi dan kondisi hewan ternak milik warga binaan kita.
 
Sebagai Babinsa kita jangan hanya mendengar dari mulut ke mulut saja akan tetapi kita harus lihat langsung, "kata Erwin 
 
Selanjutnya dikatakanya selama ini hewan ternak warga binaan nya memang aman dari wabah virus PMK,hal ini memang kita cek langsung kekandang-kandang yang ada di wilayah binaan kita.
 
Sehinga para peternak yang ada di wilayah binaan senang karena kita terjun langsung karena ini merupakan tugas seorang Babinsa. 
 
Untuk menyikapinya agar hewan ternak milik warga supaya terhindar dari wabah virus PMK,salah satu nya para peternak harus rajin untuk membersih kan kandang dan sekitar nya dari kotoran hewan peliharaan.
 
Selain itu, jika memang ada membeli hewan ternak dari luar daerah,pasti kan betul hewan ternak tersebut benar-benar sehat kalau perlu minta bantuan kepada instansi terkait guna memastikan hewan ternak tersebut aman dari wabah virus PMK."pesan erwinuddin
 
Langkah ini perlu kita ambil jangan sampai hewan ternak yang sudah ada terpapar virus penyakit mulut dan kuku (PMK) dari hewan ternak yang baru kita beli, sebab dari semua ini dapat mengakibatkan kerugian bagi peternak sendiri"paparnya.
 
Selanjutnya ditekankan kepada peternak apa bila kandang dekat dengan perumahan warga tidak menutup kemungkinan orang lain pun akan mendapat akibat nya,diharapkan peternak agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan hewan ternaknya,
 
Dan jika perlu diberikan vaksin yang bertujuan untuk memberikan proteksi agar hewan mempunyai imun sehingga dapat mencegah mudahnya terserang penyakit.”tutupnya.(Pr4as/sl)