Cegah PMK Pada Ternak Babinsa Sambangi Peternak Sapi di Desa Binaan

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Serda Hadi. S  melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama  warga Peternak Sapi di Desa Kota lama kecamatan Rengat barat kabupaten Indra giri hulu,Jumat (09/01/24).
 
Masyarakat kota lama yang lebih banyak menggeluti sebagai peternak sapi dan merupakan salah satu ternak yang banyak dibudidayakan dan diusahakan oleh para peternak ternak tersebut. 
 
Karena sebagai peternak adalah sebagai sumber pendapatan, membuka kesempatan . 
 
Melakukan kunjunganya kali ini untuk  pendampingan bersama warga binaan terhadap peternak sapi, 
 
Kepada suaralira.com Serda Hadi. S mengatakan bahwa pendampingan ini dimaksudkan agar peternak sapi bertambah semangat dan dapat mengeluarkan semua keluhan tentang kebutuhan para peternak sehingga sapi ternak dapat dipelihara dengan baik dan sehat,"katanya.
 
Terus berkomunikasi dua arah bersama warga binaan peternak sapi agar meningkatkan sumber makanan yang terbuat dari sumber alami dan menghindari dari pakan-pakan kimiawi,” ungkap Babinsa.
 
Sebagai Babinsa juga mengingatkan kepada peternak sapi agar dapat selalu menjaga kebersihan disekitar lingkungan dikarenakan kandang ternak tersebut dekat dengan area pemukiman tempat tinggal warga.
 
Sehingga setiap hari harus dibersihkan dengan harapan agar tidak menimbulkan bau yang dapat mengganggu kenyamanan warga sekitar kandang ternak sapi tersebut.
 
Sementara Peternak Sapi di Desa Kota lama juga menyampaikan yang terima kasih bapak Babinsa sudah mengecek ternak kami ini dan alhamdulilah aman,"ucapnya.
 
Dan sumber makanan buat sapi masih menggunakan pakan yang alami dan disamping itu juga melakukan pengecekan rutin kesehatan agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku (PMK).
 
Untuk itu makananya diperoleh secara tradisional yaitu dengan cara dicarikan rumput atau daun daunan dari jenis tertentu yang diambil dari kebun di sekitar desa,” tambahnya(Pr4as/sl)