Luangkan Waktu Untuk Masyarakat Babinsa Jalankan Komsos

Suaralira.com,Rengat - Kemampuan aparat teritorial yang harus dimiliki oleh seorang Babinsa salah satunya adalah pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos). 
 
Karena dengan melaksanakan Komsos diharapkan seorang Babinsa akan mengetahui tentang kondisi sosial masyarakatnya, sekaligus untuk mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang tugas kewilayahan. Jum,at (23-08-2024).
 
Sbangi salah satu rumah warga Desa tambak Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Riau, Babinsa Serda Hasanudin Koramil 01/rengat Kodim 0302/inhu menyempatkan diri selalu untuk melaksanakan silaturahmi dan Komsos di wilayah binaannya. 
 
Baik itu dengan Tokoh agama(Toga,) Tokoh masyarakat(Tomas) dan Tokoh adat (Toda )maupun dengan pejabat pemerintahan desa.
 
Mengingat dan menanyakan tentang warganya yang membuka lahan baru untuk perkebunan sayuran atau sawet, karena berkaitan dengan situasi yang tidak menentu saat ini,karena maraknya kebakaran hutan dan lahan setelah HUT RI ke 79.
 
sudah menjadi kewajiban saya sebagai seorang Babinsa yang harus selalu mengingat kan dan siap membantu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
 
"Serta menjadi tugas dan tanggung jawab saya juga untuk selalu memantau kondisi wilayah,terutama saat ini maraknya kebakaran hutan dan lahan,salah satunya dengan berkordinasi kepada aparat desa guna kelancaran dalam pelaksanaan tugas.
 
Guna mewujudkan ini perlu kebersamaan antara aparat desa, Babinsa,Bhabinkantibmas dan komponen masyarakat demi menjaga agar tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan di manapun dan menjaga  persatuan dan kesatuan.
 
Juga mengajak kepada masyarakat Desa,agar selalu berhati-hati jangan sampai membuka lahan baru dan membakar lahan secara sembarangan karena ingin cepat selesai. 
 
"Sehingga akhirnya terjerat hukum,untuk itu,agar bersama-sama selalu saling mengingatkan, menjaga antar sesama dan umat beragama,Hal ini merupakan salah satu sikap toleransi.
 
Untuk itu kita harus selalu di imbangi dengan analisis dan penjabaran dalam kehidupan sehari hari.Diharapkan sikap gotong royong saling menghormati.
 
Serta saling menjaga sikap prilaku kita,dan berorentasi pada kepentingan umum.Sehingga dapat melihat dengan jelas perkembangan situasi yang terjadi pada masyarakat"tutup Babinsa Serda Hasanudin.(Pr4as.sl)