Ada satelit BRIsat, BRI cabang Ternate hemat Rp 500 miliar

TERNATE (suaralira.com) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ternate, Maluku Utara, menggunakan satelit komunikasi yang bernama BRIsat guna mengurangi biaya operasional dalam melayani kebutuhan nasabah.

"Penggunaan satelit dapat mengurangi biaya operasionnal sebesar Rp 500 miliar/ tahun," kata Kepala BRI Cabang Ternate, Anditya Mahendra, seperti ditulis Antara Ternate, Minggu (26/6).

Tak hanya itu, dengan adanya satelit ini, pihaknya bisa melakukan efisiensi yang signifikan pada biaya operasional dengan menghemat kurang lebih Rp 500 miliar, sehingga nanti akan menurunkan bunga kredit.

"Dengan adanya pengurangan operasional bisa transmisikan menjadi harga kredit yang akan mereka berikan kepada masyarakat," kata Aditiya.

Oleh karena itu, dia berharap dengan adanya satelit ini, pihaknya bisa mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dikaitkan dengan kondisi geografis Maluku Utara.

"Untuk BRIsat berada di Papua. Jadi otomatis lebih dekat dengan Maluku Utara, sehingga nanti kendala seperti jaringan yang lambat itu tidak terjadi lagi," katanya.

Dalam enam bulan terakhir, pengguna mesin anjungan tunai mandiri (ATM) pada kantor bank BRI Cabang Ternate semakin meningkat tajam.

Hal itu dibuktikan dengan bertambahnya mesin ATM BRI yang ada di kota Ternate. Transaksi melalui ATM dari triwulan ke triwulan terus meningkat baik pengiriman, penarikan, tabungan dan belanja langsung menggunakan kartu ATM.

"Rata-rata menggunakan ATM hingga 150 transaksi dan itu hanya pada satu ATM," tandas Anditya.