Dana BOS Triwulan III SD,SMP di Sumut Sudah Disalurkan

MEDAN, SUARALIRA.com - Pelaksana Tugas Kepala Biro Keuangan Pemprov Sumut, Agus Tripriyono, mengatakan bahwa pihaknya telah menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan III untuk seluruh SD dan SMP di Sumut sebesar Rp 511 miliar lebih.
 
Sedangkan untuk SMA dan SMK, Agus mengatakan pihaknya masih menunggu surat permohonan pencairan dari Dinas Pendidikan Sumut, ujar Agus saat ditemui di ruang kerjanya Lantai II Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Selasa (09/08/2016).
 
"Hari ini, sudah kita transfer dana BOS triwulan III untuk SD dan SMP sebesar Rp 511 miliar. Transper dilakukan langsung ke rekening sekolah seluruh kabupaten dan kota." 
 
Kalau untuk SMA sederajat belum, karena kita masih menunggu kelengkapan data dan surat permohonan pencairan anggaran dari dinas pendidikan. Dana BOS senilai Rp 511 miliar tersebut disalurkan kepada 9.518 SD dan 2.429 SMP di Sumut, tutur Agus.
 
Dikatakannya, "Maka, dihimbau kembali kepada dinas pendidikan untuk segera menyampaikan data dan surat permohonan pencairan itu segera. Kalau permohonannya sudah ada pasti segera disalurkan, karena Pemprov Sumut sifatnya penyalur saja, dana itu hanya numpang lewat."
 
Dalam penyaluran dana BOS, katanya, Pemprov Sumut taat azas dan melaksanakan sesuai juknis, yakni paling lama tujuh hari setelah dana ditransfer dari Kas Umum Negara (KUN) ke Kas Umum Daerah (KUD) Pemprov Sumut untuk ditransfer ke KUD Kabupaten Kota. Hanya saja dalam prakteknya memang sering penyaluran dana BOS terhambat akibat lambannya permohonan pencairan anggaran terlambat masuk ke Pemprov Sumut.
 
"Makanya kami kembali menghimbau kepada Dinas pendidikan untuk segera menyampaikan data dan surat permohonan pencairan itu segera. Kalau permohonannya sudah ada Pemprovsu pasti segera menyalurkannya. Karena Pemprovsu ini kan sifatnya penyalur saja. Ibaratnya dana itu hanya numpang lewatlah,"ujar Agus.
 
Sementara itu, Kepala Bagian Kas Daerah Pemprov Sumut, Raja Indra Saleh, mengatakan bahwa Pemprov Sumut sebelumnya juga telah menyalurkan dana BOS untuk SD, SMP, dan SMA sederajat senilai Rp 748 miliar miliar lebih pada triwulan I. Sedangkan pada triwulan II, Pemprov Sumut telah menyalurkan dana BOS senilai Rp726 miliar lebih. (sl)