Wacana Full Day School, Sebaiknya Diurungkan Dulu

JAKARTA, SUARALIRA.com - Dari wacana Mendikbud, Muhadjir Effendy tentang full day school atau kegiatan sekolah akan dimaksimalkan sehingga siswa SD dan SMP baru pulang saat petang. Ketua DPR Ade Komarudin meminta agar pelaksanaan ide ini diurungkan dahulu.
 
"Pelajaran itu tidak selalu tentang buku-buku dan kurikulum, tapi pelajaran alam atau pelajaran kehidupan juga penting. Artinya bahwa kita memiliki pandangan masing-masing dalam tata cara mendidik anak, karena itu sebaiknya diurungkan dulu agar tidak gegabah. Supaya tidak menjadi kontroversi ke mana-mana," kata Ade di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (10/08/2016).
 
Ade menyarankan agar anak-anak juga bisa punya waktu lebih bersama orang tua mereka. Meski sebelumnya Mendikbud beralasan bahwa ada orang tua siswa yang keduanya bekerja hingga sore, sehingga lebih baik jika anaknya lebih lama di sekolah.
 
"Pasti penyeragaman itu akan menimbulkan pro dan kontra karena tentu para orang tua itu juga ingin agar mereka juga diberikan kesempatan untuk mendidik anak-anaknya secara langsung dan biasanya pendidikan dari orang tua juga banyak juga yang sangat bagus dibandingkan dengan pendidikan formal sekali pun. Tapi yang pasti kasih sayang dari orang tua itu penting tidak bisa kita serahkan kepada sekolah," ujar Ade.
 
Ade meminta agar setiap kebijakan yang diwacanakan untuk disesuaikan dengan kultur masyarakat. Sehingga tidak menimbulkan polemik.
 
"Tapi sebaiknya menurut saya untuk menteri yang baru untuk tidak menyampaikan satu gagasan jika belum menjadi kebijakan dari kementerian," pungkas Ade. (de/sl)