Warna Hijau dan Oranye Sayuran Tunjukkan Kandungan Nutrisinya

Suaralira.com - Tak sekadar warna-warni, sayuran dan buah dengan warna tertentu merupakan simbol nutrisinya. Karenanya perlu dikenali dengan baik.

Warna-warni sayuran memang cantik dan menggugah selera. Keindahan warna sayuran dan buah ini menurut Times of India (14/8/16) merupakan simbol untuk kandungan nutrisinya.

1. Oranye
Warna oranye pada wortel, labu dan ubi menunjukkan kandungan betakarotin di dalamnya. Betakarotin merupakan zat anti-karsinogenik (anti-kanker). Perbanyak makanan berwarna oranye seperti wortel juga sangat baik untuk mata. Pepaya bisa meningkatkan daya imun, serta aprikot yang kaya akan zat besi serta serat dan potasium.

2. Cokelat
Warna cokelat kaya menunjukkan kaya akan asam amino esensial. Seperti kacang, kentang, jahe dan quinoa. Selain kandungan karbohidrat, kentang juga mengandung vitamin B6 yang baik untuk pembentukan sel baru. Quinoa mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Serta kacang almond dan walnut yang bisa cegah penyakit diabetes.

3. Putih
Warna putih punya khasiat yang baik untuk daya tahan tubuh. Biasanya makanan berwarna putih kaya akan antioksidan seperti halnya bawang putih. Putih telur, serta daging putih lainnya (unggas dan ikan) yang sangat tinggi protein. Konsumsi secara rutin makanan berwarna putih agar lebih sehat dan jarang terserang penyakit.

4. Hijau
Hijau identik dengan makanan yang kaya serat. Seperti kangkung, bayam, asparagus dan lainya. Selain itu juga mengandung antioksidaan, vitamin dan mineral yang baik untuk pencernaan. Akan lebih baik lagi jika Anda mengombinasikan warna-warna yang ada pada makanan untuk khasiat lebih maksimal.