Sela Pemeriksaan di Mako Brimob, Ini Penampakan AD dan SB

JAKARTA (suaralira.com) - Aktivis SBP dan musisi AD ditangkap oleh polisi terkait dugaan makar. Malam ini keduanya masih berada di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok untuk diperiksa.
 
Kuasa hukum dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habibirrokhman yang mendampingi SBP dan AD mengatakan, hingga pukul 20.05 WIB, keduanya masih berada di Mako Brimob, Kelapa Dua untuk menjalani pemeriksaan. Ada juga aktivis RS dan Mayjen TNI (Purn) KZ.
 
Habiburokhman sendiri meminta agar semuanya diperbolehkan pulang, mengingat sebagian dari mereka usianya tak lagi muda.
 
"Sampai saat ini, 2 Desember 2016 20.05 WIB, di sini Pak Kz, Pak SBP, Kak Rs dan kawan-kawan masih belum diperbolehkan pulang. Yang saya khawatirkan adalah kondisi kesehatan mereka yang sebagian besar sudah berusia lanjut. Selayaknya mereka diperbolehkan pulang malam ini," kata Habiburokhman lewat pesan singkat kepada detikcom, Jumat (2/12/2016) malam.
 
Habiburokhman pun mengirimkan foto penampakan SBP dan AD di sela-sela pemeriksaan di Mako Brimob. SB terlihat mengenakan kemeja lengan panjang warna biru. Sedangkan AD, terlihat mengenakan baju kaos warna hitam bertuliskan 'Anomali'. di tengah-tengah kedua orang tersebut ada Habiburokhman.
 
Saat difoto, ketiga tampak mengepalkan tangan kanan ke atas. Di hadapan mereka, terlihat beberapa minuman dalam kemasan dan bungkus makanan.
 
Karo Penmas Mabes Polri sebelumnya menerangkan, polisi sudah setengah bulan menyelidiki dugaan makar yang disangkakan kepada sejumlah orang. Kesepuluh tersangka yang ditangkap di sejumlah tempat berbeda berinisial AD, E, AD, KZ, FA, RA, RS, SB, JA, dan RK. Rikwanto menyebut ada 8 orang yang dikenakan pasal upaya makar Pasal 107 KUHP jo Pasal 110 KUHP dan Pasal 87 KUHP.
 
"Dalam kaitan 8 orang diduga melakukan upaya makar. Kemudian 2 orang melakukan pelanggaran yang terkait dengan Pasal 28 Undang-Undang ITE," sambungnya.
 
Rikwanto dalam sesi tanya jawab juga menegaskan adanya pasal sangkaan lain yakni Pasal 207 KUHP tentang penghinaan terhadap penguasa di muka umum. Pasal tersebut dikenakan terhadap satu orang tersangka berinisial AD. "Satu orang inisial AD Pasal 207 KUHP," tanpa merinci identitas tersangka yang dimaksud.
 
(dtc/sl)