Wako Bekasi Cek Pembuangan Sampah Sementara di Perumahan Pondok Cipta

KOTA BEKASI (JABAR), suaralira.com - Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi bersama Kepala Dinas Tata Ruang, Junaedi, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kustantinah lakukan kunjungan ke RW 12 Kelurahan Bintara, Bekasi Barat tepatnya di Sekretariat Blok H Pondok Cipta, Hadir juga Lurah Bintara, Endang Supratman dan juga Ketua RW 12 dan RW lainnya untuk menemui solusi permasalahan sampah di wilayahnya.
 
Menurut Ketua RW setempat, sampah yang ditempatkan itu memang dari awal sebelum perumahan ini dibangun, akan tetapi kesininya ditakutkan menjadi dampak penyakit, karena setiap harinya bisa sampai 2 ton untuk mengangkut setiap 2 hari sekali, berarti 4 ton jika dihitung, setiap 2 hari diangkat selalu menumpuk, begitupun juga Lurah Bintara mengatakan bahwa memang sampah ini sudah ada sebelum terbangunnya perumahan ini.
 
Dalam pertemuan bersama warga ini dengan tujuan mengenai tanah yang digunakan untuk pembuangan sampah sementara yang berada di lingkungan RW 12, warga yang melapor dan keluhkan tempat tersebut bau dan jalan yang berada di sekitar perumahan yang dilalui oleh truk sampah semakin lama semakin rusak, maka dari itu warga tersebut mengundang wali Kota Bekasi untuk mencari solusi.
 
Wali Kota Bekasi juga mendatangkan pihak ketiga untuk bekerjasama dalam menangani sampah yang berada di RW 12 kelurahan Bintara Jaya tersebut. Dalam sehari sampah yang berada di 4 RW mencapai 10, maka dari itu Wali Kota Bekasi membawa pihak ketiga bukan lagi untuk mengelola sampah tapi untuk memusnahkan sampah sehingga nantinya pembuangan sampah ke TPA Bantar Gebang menurun.
 
"Kepentingan dan keuntungan pemerintah adalah sampah itu dapat dimusnahkan bukan lagi dikelola, kemudian Forum RW harus selalu berkomunikasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan pihak ketiga untuk menangani sampah yang ada di RW ini lalu rangka acuannya diharpakan 2 sampai 3 hari selesai," tegas Rahmat Effendi
 
Wali Kota Bekasi juga mengintruksikan tanah tersebut untuk di desain dan di ambil sketsa nya untuk pembuatan taman hijau, sehingga warga juga bisa menggunakan fasilitas yang ada di lingkungan sekitar dan nantinya juga akan segan jika sudah terbangun taman yang bagus, kalau memang masih saja membuang di tempat itu padahal sudah rapi memang adabnya susah diubah.
 
Kadistaru akan melacak keberadaan tanah untuk menjadi solusi penempatan pembuangan sampah untuk warga Pondok Cipta ini, begitu di katakan Wali Kota Bekasi. 
 
Sumber : Humas Pemko Bekasi
Editor    : suaralira.com