Ribuan Petani dari 443 Poktan Terima Bantuan Alat Pertanian dari Pemkab Bener Meriah

Redelong (NAD), Suaralira com - Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Kabupaten Bener Meriah kembali menyalurkan bantuan berupa alat-alat, dan obat-obatan pertanian kepada para petani penerima manfaat di Aula Gedung Empu Beru Komplek Perkantoran Serule Kayu Redelong, Rabu, 27/11/2019.
 
Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi dalam arahannya pada kesempatan tersebut menyampaikan, program ini adalah program pertanian rakyat yang dilatar belakangi oleh sebuah keyakinan kita, bahwa secara tidak langsung Bener Meriah ini adalah zona perkebunan dan pertanian, seperti kopi dan Horticultura, tapi belum ada insentif langsung kepad petani pada waktu itu, makanya kita buat suatu program yang memang langsung menyentuh kepada petani, kata Bupati Tgk H Sarkawi.
 
“Tahun 2018 kemarin kita membagikan alat-lata pertanian atau kebutuhan petani yang sesuai dengan permintaan kelompok tani setelah mereka berdiskusi kemudian dikompilasi dan diteruskan kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten BenerMeriah”, tandas Bupati.
 
Tahun ini proses tersebut masih berjalan tapi kita ciba dengan pola lain karena kita terinspirasi dengan cara lain didaerah lain contohnya, ada KJP, KIS (Jakarta), jadi nanti Petani, dia akan pergi ketoko Pertanian, dia butuh apa saja bisa memanfaatkan melalui sebuah kartu, nanti kita akan mengarah kesitu, kata Bupati Memaparkan.
 
“Mungkin anggaran yang kita janjikan dahulu terlalu kecil, kedepan siapa tau mungkin anggaran kita lebih kuat akan kita perbesar juga penyalurannya kepetani  agar produksi pertaniannya juga meningkat yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat petani itu sediri”, Bupati mengungkapkan.
 
“Tahun 2020 kita akan berdiskusi denga Dewan untuk menyempurnakan terus konsep yang telah kita jalankan ini, demi untuk kesejahteraan petani kita”, pinta Bupati.
 
“Pastikan bantuan ini sampai kepetani dan jangan ada yang kurang, dan program ini harus bermanfaat bagi masyarakat secara luas”, tegas Bupati.
 
Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah yang diwakili oleh Kabid Penyuluh dan Pangan Surip Marsikin, SP melaporkan, Kagiatan tersebut berdasarkan SK Bupati Bener Meriah No. 521/546/SK/2019 tentang Penetapan Tim Pembina, Pengendali dan Tim Pengawas dan Tim Pendamping Kecamatan kegiatan RKR pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah tahun 2019 serta Keputusan Bupati Bener Meriah No. 521/544/SK/2019 tentang Penetapan Kelompok Tani Penerima Manfaat serta jenis dan jumlah yang diterima kegiatan RKR ( Rehabilitasi Kebun Rakyat) pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah tahun 2019, kata Surip Marsikin.
 
Lebih Lanjut Surip marsikin mengauraikan tentang jenis bantuan yang disalurkan kepada Kelompok Tani Penerima Manfaat yaitu, Pupuk 138,45 Ton, Hansparayer Otomatis 4.823 unit, Mulsa 2.739 gulung, Bibit Kopi 420.000 batang, Bibit Durian 1.300 batang, bibit Hortikultura 2.850 Saset dan Insektisida 2.855 botol/250 cc kepada 8.885 petani dengan 443 Poktanyang tersebar di 10 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah, tutup Surip Marsikin.
 
Masih dalam acara yang sama Kapolres Bener Meriah yang diwakili olek Kapolsek Bandar AKP. Suprihadi  Menyatakan, kami memang selalu bekerjasama dalam hal-hal seperti ini untuk memberikan sumbangsinya kepada para petani, kami dari Muspika akan selalu mengawasi tentang kegiatan seperti ini, semoga nanti kelompok tani yang menerima bantuan ini dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, kata AKP Suprihadi.
 
“Tidak ada istilah nantinya, kelompok tani tersebut mengakibatkan hal-hal yang tidak kita inginkan, intinya kami memang sudah diperintahkan oleh pimpinan untuk mengawasi kegiatan ini”, tegas Kapolsek Bandar tersebut.
 
Lanjut Kapolsek Bandar tersebut, mudah-mudahan kegiatan ini  murni kegiatan pemerintah,  yang saya mohon seperti ini, dan kegiatan ini berkelanjutan intinya seperti itu pak,  ujar AKP Suprihadi.
 
Wakil Ketua II DPRK Bener Meriah Anwar mewakili Ketua DPRK juga menyampaikan, disini juga perlu kita tegaskan juga masaalah bantuan, secara tidak langsung ini merupakan visi misi Bupati Bener Meriah, yang sudah tertuang dalam RPJM yang salah satunya adalah bagaimana mensejahterakan rakyat Kabupaten Bener Meriah, dan ini pantas kita dukung sepanjang tidak bertentangan dengan regulasi yang ada, ungkap Anwar.
 
Regulasi ini secara tidak langsung, yang tidak bertentangan dengan hukum, karena ini kita tidak mau terjebak juga, bagaimana bapak-bapak penyuluh dan bapak-bapak penerima manfaat, supaya kita semua nyaman tentunay dari bapak-bapak Polsek, “Saya dari DPRK meminta  untuk kedepan ini. Supaya regulasi ini tidak bertentangan dengan hukum  itu satu-satunya, karean RPJM yang telah direncanakan oleh Bupati di DPRK itu siap untuk jalankan, apapun program Bupati”, tegas Anwar.
 
Penyerahan bantuan itu dihadiri oleh Camat dan Kapolsek se-Kabupaten Bener Meriah, para Ketua Kelompok Tani Penerima Manfaat, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah serta tamu lainnya. (Dk/Hm/Sl)