TP-PKK Sergai Gelar Pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga

Sergai, SuaraLira.com -- Sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya untuk perempuan dan anak, TP PKK Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), menggelar pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) bertempat di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (21/9/2021). Kegiatan ini juga dilaksanakan secara daring dan terhubung dengan peserta di Aula Dinas Pendidikan. 
 
UP2K berperan penting dalam Meningkatkan keterampilan serta keahlian kader PKK, yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga melalui pemberdayaan kaum perempuan," kata Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya dalam sambutannya saat membuka Pelatihan Pengurus Kelompok Khsusus UP2K Kabupaten Sergai.
 
Lebih lanjut disampaikannya jika kekuatan perempuan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi khsususnya ketahanan ekonomi keluarga telah teruji. Perempuan memiliki beberapa kelebihan seperti pertama, lebih bertanggung jawab dalam menjalankan usaha. Kedua, lanjutnya, perempuan memiliki kemampuan multi peran  yaitu menjalankan lebih dari satu aktivitas dalam waktu yang sama. Ketiga, perempuan lebih cermat melihat potensi pasar dan mengelola keuangan, keempat, perempuan lebih sabar dalam menghadapi tantangan ataupun permasalahan dalam usaha. 
 
Oleh karenanya, kami optimis dapat mewujudkan keluarga Kabupaten Sergai yang mandiri, sejahtera dan religius di tengah situasi pandemi Covid-19," ungkapnya. 
 
Hj Rosmaida berharap kepada para peserta kader PKK yang ikut dalam pelatihan ini, bisa menerapkan ilmu yang didapat dari narasumber dan berbagi ilmu kepada teman kader lainnya. 
 
Kepada para peserta bisa mengimplementasikan dan menambah wawasan. Setiap tahun kegiatan pelatihan ini terus dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan," ujar Ketua TP PKK yang juga sebagai Bunda PAUD Kabupaten Sergai.
 
Kegiatan pelatihan ini diikuti 100 peserta yang dibagi dalam dua tempat. Turut hadir dalam acara itu, Ketua GOPTKI Sergai, Ny Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sergai, Ny Uke Retno Faisal Hasrimy, serta para narasumber dari Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut, Dinas Kesehatan, Dinas PMP2TSP, dan PT Indo Tekno Solusi, (Darman S/sl)