Kodim Inhu Gelar Pendataan Pembinaan Wanra Wilayah

RENGAT, Suaralira.com -- Sesuai Program Kerja Bidang Teritorial dalam Bidang Perlawanan Wilayah (Wanwil) terkait pendataan unsur perlawanan rakyat (Wanra) sebagai bagian dari komponen dalam pertahanan semesta, Kodim 0302/Inhu menggelar Sosialisasi dan Pendataan Himpun Susun Klasifikasi Data Wanra Triwulan I Tahun 2022, bertempat di Aula Makodim 0302/Inhu, Jln R Suprapto, Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Kamis (31/03/2022).
 
Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0302/Inhu Kapten Inf O Sirait, para Danramil selaku pemateri, dan perwakilan personel yang menjabat Bati Wanwil seluruh Koramil jajaran.
 
Dalam kesempatan itu, Pasiter Kapten Inf O Sirait menjelaskan bahwa kegiatan Sosialisasi dan Pendataan Himpun, Susun dan Klasifikasi Data Wanra merupakan program Satuan Teritorial dalam hal ini Kodim yang dilaksanakan setiap triwulan.
 
Sebagai tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi kepada seluruh personel yang menjadi operator maupun Bintara bidang terkait di tiap Koramil agar mengerti dan memahami secara teknis tentang bagaimana mendata, menghimpun dan menyusun Klasifikasi Data Wanra yang valid dan update sesuai perkembangan data terbaru di wilayah binaanya.
 
Agar mampu dan memahami materi ini lebih dalam perlu adanya penyampaian yang lebih persil yang dalam hal ini disampaikan oleh pemateri yaitu para pejabat Danramil yang ditunjuk, yang sudah berpengalaman dalam bidang teritorial.
 
Sebagai materi yang disampaikan antara lain, materi Pelaksanaan Kegiatan Inventarisasi dan Klasifikasi Data Logistik Wilayah Kodim 0302/Inhu, materi Pelaksanaan Kegiatan Himpun, Susun dan Klasifikasi Data Wanra yang di sampaikan oleh  Komandan Koramil 01/Rengat Kapten Inf Ardiyasman dan materi Pelaksanaan Kegiatan Pengumpulan Data Operasi Perlawanan Wilayah oleh Kapten Inf O Sirait.
 
Terkait pendataan klasifikasi data Wanra tentunya terkait dengan tugas Babinsa sebagai ujung tombaknya aparat kewilayahan yang bersentuhanan langsung dengan masyarakat. Disinilah pentingan kolaborasi dalam penerapan 3 metode binter yaitu Metode Wanwil, Metode Bakti TNI dan Metode Komsos (Komunikasi Sosial). Dengan pengaplikasian yang baik dari 3 metode ini akan memudahkan Babinsa dalam kegiatan pendataan apapun,” jelas Pasiter. (P4as/sl)