Ket Foto : Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Abdul Jamal

UMK Pekanbaru Rp. 3, 319 Juta Mulai Diberlakukan

Suaralira.com, PEKANBARU - Upah Minimum Kota (UMK) Pekanbaru tahun 2023 sebesar Rp. 3.319.023, telah mulai diberlakukan terhitung tanggal 1 Januari kemarin.
 
“Jadi terhitung 1 Januari, itu sudah mulai berlaku,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Kamis (5/1).
 
Sejak diberlakukan, kata dia, hingga saat ini belum ada yang menerima aduan dari karyawan swasta yang tidak digaji sesuai UMK.
 
"Sampai sekarang belum ada (pengaduan). Apa karena belum gajian gitu ya," ujarnya.
 
Namun jika nantinya ada perusahaan yang tidak mematuhi UMK, Jamal menghimbau para karyawan agar melaporkannya ke Disnaker Pekanbaru.
 
"Kalau memang ada yang mengadu ke kita, kita akan tindaklanjuti. Nanti kita akan mediasi dengan memanggil perusahaan-nya. Jika perusahaan-nya tidak tau atau pura-pura tidak tau, maka perlu kita panggil untuk mediasi," ucapnya.
 
Untuk pelaporan sendiri, lanjut Jamal, karyawan bisa menyampaikannya ke Disnaker setempat melalui Bidang Perselisihan Hubungan Industri (PHI) pada jam kerja.
 
"Jadi kita tidak ada membuka posko (pengaduan). Kalau ada pengaduan, itu langsung disampaikan ke Bidang PHI saja. Kita menerima aduan setiap hari kerja," tutupnya. (Zha/Kominfo/sl)