Antisipasi Wabah PMK, Babinsa Cek Hewan Ternak Milik Warga

Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Waspada penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu, Serda Togu JN melaksanakan kegiatan pengecekan dan pemantauan perkembangan kondisi hewan ternak sapi milik salah satu warga di Desa Rawa Sekip Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu-Riau. Selasa (10/01/2023).
 
Lakukan kegiatan Pemantauan dan pengecekan hewan ternak ini, merupakan salah satu upaya identifikasi awal guna mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak khususnya hewan sapi.
 
Seperti diketahui bahwa PMK merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya penyakit ini menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan babi, "katanya.
 
Secara umum, ciri-ciri hewan terkena PMK diantaranya seperti timbulnya air liur berlebih dan berbusa, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, hewan terlihat lemah, sering berbaring, dan berkurangnya nafsu makan, "paparnya.
 
Untuk itu faktor kebersihan kandang salah satu upaya pencegahan dini agar tidak tertular penyakit PMK. Serda Togu JN juga menyampaikan kepada warga yang memiliki hewan ternak agar melaporkan apabila terjadi gejala timbulnya PMK, sehingga dapat segera ditangani oleh Dinas Kesehatan Hewan, "pesanya. (P4as/sl)